Legislator Kapuas Sambut Baik Respon Cepat Penyaluran Bantuan Banjir

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Didi Hartoyo.

Kuala Kapuas, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Didi Hartoyo menyambut baik respon cepat pemerintah daerah setempat, dalam menyalurkan bantuan pangan kepada warga terdampak banjir di enam kecamatan di daerah setempat.

 “Saya selaku wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III, menyambut baik pemerintah daerah gerak cepat salurkan logistik ke enam kecamatan yang terdampak banjir,” ucap Didi Hartoyo, di Kuala Kapuas, Minggu (23/5).

Dikatakannya, bahwa banjir yang terjadi di enam kecamatan di daerah non pasang surut tersebut sudah menjadi langganan setiap tahun ketika insentitas curah hujan meningkat,  sehingga merendam rumah warga terutama di kawasan dataran lebih rendah.

Berita Lainnya
1 dari 179

Legislator asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyarankan, agar warga yang tinggal di kawasan bantaran sungai dan dataran rendah, seharus di relolasi ke tempat yang lebih tinggi. Sehingga ketika banjir datang, tidak lagi harus mengungsi atau pun dievakuasi ketempat yang lebih aman.

“Apa lagi Desa Pujon Kecamatan Kapuas Tengah. Pemerintahan kecematan harus berpikir untuk carikan solusi bagi warga untuk direlokasi ketempat yang lebih tinggi,” pintanya.

Selain itu, untuk mengurangi dampak banjir setiap tahun yang terjadi di 6 kecamatan di kabupaten setempat, pihak kecamatan dan desa diminta harus melakukan identifikasi terhadap lahan atau lokasi untuk di lakukan relokasi. Apa bila ada kesepakatan masyarakat dengan syarat tidak ada ganti rugi lahan.

“Relokasi merupakan solusi terbaik agar setiap tahun warga tidak lagi mengalami banjir. Karena setiap tahun menjadi langganan apa bila intensitas curah hujan tinggi,” katanya.

Didi juga berharap, pasca banjir yang terjadi di enam kecamatan setempat nantinya agar juga dilakukan pemantauan setiap warga, terutama kesehatan masyarakatnya.(Al)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya