Kehadiran ASN Capai 100% di Sidak Hari Pertama Kerja

Banjarmasin, KP – Inspeksi Mendadak (Sidak) pasca libur lebaran Idul Fitri 1442, dilaksanakan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar, Senin (17/05/21) pagi.

Didampingi, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum, Akhmad Husaini, pemeriksaan dilakukan kepada sejumlah kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kompleks Balai Kota Banjarmasin.

Diantaranya Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Bidang Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKD dan Diklat) Serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik).

Dari hasil sidak, diketahui jumlah kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kota Banjarmasin mencapai 100 persen.

“Hasil pantauan hari ini, dari beberapa SKPD yang kita kunjungi, tingkat kehadirannya hampir 100 persen,” ucapnya kepada awak media di sela sidaknya, Senin, (17/05) pagi.

Disamping itu, ia menjelaskan bahwa Instruksi Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin mengenai adanya Surat Edaran (SE) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal larangan mudik bagi ASN telah dilaksanakan secara benar oleh ASN.

“Seluruh ASN kita sudah taat dengan SE tersebut,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Banjarmasin Bantah Terapkan PPKM Level IV

1 dari 3.184

Ia menjelaskan sidak yang dilaksanakan tersebut dilakukan untuk melihat tingkat kehadiran ASN, serta kesiapan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pertama kita lihat tingkat kehadiran mereka, kemudian kesiapan mereka dalam aktivitas bekerja hari ini. Rata-rata mereka siap untuk melayani masyarakat. Jadi pelayanan publik sudah normal mulai hari ini,” tukasnya .

Adapun beberapa ASN yang tidak hadir pada hari pertama ujar Mukhyar, hal itu menjadi tanggung jawab kepala SKPD untuk melakukan pendataan serta melaporkan.

“Apabila ada yang tidak hadir dan tanpa kabar, itu semua tanggung jawab dari kepala SKPD,” tutupnya.

Dari pantauan, Plh Sekda mendatangi satu persatu ruangan kerja ASN dan menanyakan absensi kehadiran para ASN tersebut.

Ia juga turut menghimbau kepala SKPD, agar mengingatkan para ASN-nya serta bertanggung jawab memastikan kehadiran semua ASN, termasuk tenaga kontrak serta honorer.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika membenarkan bahwa ada beberapa ASN di bawah koordinasinya tidak berhadir di kantor.

“Memang ada beberapa yang belum masuk tapi WFH (Work From Home) karena faktor kebijakan yang membatasi jumlah karyawan di dalam ruangan,” jelasnya singkat. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya