Malam Idul Fitri, Masyarakat Diimbau Tidak Berkumpul di Kota Kandangan

Kandangan, KP – Saat malam hari raya idul fitri 1442 Hijriah mendatang, masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diimbau tidak berkumpul di Kota Kandangan. Terlebih masyarakat kecamatan, diminta hanya merayakan secara sederhana di tempat masing-masing.

Hal itu dalam rangka mencegah kerumunan masyarakat, yang berpotensi pada penyebaran Covid-19. Sebab, kebiasaan arakan maupun takbiran keliling, seperti sebelum adanya pandemi Covid-19 itu tidak ada lagi. 

“Malam hari raya, masyarakat tidak usah berkumpul ke Kota Kandangan, sebab di Kandangan tidak ada acara apa-apa,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry, Senin (10/5/2021) saat silaturrahmi bersama para wartawan di Aula Rakat Mufakat Kantor Setda HSS.

Bupati Achmad Fikry mengatakan, tidak ada event menyambut malam takbiran di HSS. Melainkan masyarakat diminta mengumandangkan takbir di rumah ibadah tempat masing-masing, baik langgar maupun masjid.

Pemkab HSS, juga akan mengumandangkan malam takbiran secara sederhana di Pendopo Bupati HSS. 

Imbauan tersebut terangnya, untuk mencegah adanya kerumunan masyarakat, dalam menyambut lebaran idul fitri Kamis (13/5/2021) besok.

Berita Lainnya
1 dari 500

“Kalau terjadi juga kerumunan masyarakat di Kota Kandangan, akan dibubarkan melalui petugas kita,” tegasnya.

Ramadan dan idul fitri tahun ini berbeda dari sebelumnya, masyarakat sudah bisa dan boleh melaksanakan tarawih maupun salat ied dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bupati Achmad Fikry berharap, sedikit kelonggaran itu bisa disyukuri masyarakat dengan tidak lebih dari itu, yakni tidak merayakan malam idul fitri dengan berkumpul di kota.

Selain itu, semarak menandai malam lebaran itu sudah bisa dinikmati di desa-desa masing-masing, meskipun dengan sederhana.

Pada kesempatan itu, Bupati Achmad Fikry juga mengungkapkan, setelah berdiskusi dengan Forkopimda, wisata tidak akan dibuka saat libur lebaran mengingat petugas akan fokus di tiga pos cek poin mudik lebaran.

Silaturrahmi dengan para wartawan yang bertugas di Kabupaten HSS itu, turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, dan Sekretaris Daerah Muhammad Noor. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya