23 Juni Ibnu-Arifin Fix Dilantik

Banjarmasin, KP – Setelah sempat simpang siur, kabar pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina-Arifin Noor akhirnya mendapat kejelasan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar Mukri membeberkan pelantikan pemenang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin tahun 2020 itu bakal dilaksanakan pada Rabu, 23 Juni 2021.

Ia mengaku, bahwa informasi kepastian pengesahan pasangan yang memiliki jargon Banjarmasin Baiman itu diterimanya dari pihak yang terpercaya.

“Kemarin memang ada kabar pelantikan dilakukan pada Sabtu, (19/06), tapi ternyata tidak benar. Akhirnya kami terima kabar lagi akan digelar Rabu, (23/06). Itu sudah fix,” tegasnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Jumat (18/06).

Menurutnya, jadwal pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Terpilih ini sudah disesuaikan dengan agenda Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA.

“Sesuai keinginan Pj Gubernur, beliau sendiri yang akan melantik,” tambahnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Saat ditanya bagaimana teknis pelaksanaan pelantikannya nanti, Mukhyar menjelaskan bahwa nantinya proses nanti tentunya akan menyesuaikan dengan standar disiplin Protokol Kesehatan (Prokes).

Mengingat, setelah prosesi pelantikan yang dilakukan di gedung Mahligai Pancasila, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin langsung menuju Balai Kota untuk prosesi penyambutan.

“Tamu di Balai Kota juga akan kita batasi. Tapi juga ada beberapa yang mendampingi beliau di Mahligai. Di Balai Kota juga akan ada pisah sambut dengan Pj Wali Kota, Akhmad Fydayeen,” tuntasnya.

Disisi lain, kabar pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih ini ternyata sudah diketahui oleh Ibnu Sina. Terang saja, sebelum info ini diterima, Ibnu dan Arifin sempat bersilaturahmi ke kediaman Pj Gubernur.

“Sesuai arahan Pj Gubernur tadi malam (17/06), SK sudah ditandatangani oleh Mendagri. Dan beliau sendiri (Pj Gubernur) yang akan melantik di gedung Mahligai Pancasila,” ujarnya singkat.

Sama seperti dijelaskan di awal, Ibnu juga menjelaskan bahwa setelah prosesi pelantikan akan ada serah terima jabatan (sertijab) dan penyambutan SKPD serta tamu undangan secara terbatas di Balai kota.

“Kita lakukan secara termasuk. Undangan yang hadir termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” tutupnya

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sekretariat daerah Kota Banjarmasin mulai berjaga-jaga, dengan melakukan sejumlah persiapan. Tujuannya berjaga-jaga apabila ternyata pelantikan dihelat secara mendadak.

Salah satunya mendekorasi ruang penyambutan, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin. Bahkan ruang itu juga telah disterilkan. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya