Hari Lahir Pancasila Momentum Perkuat Persatuan

Pelaihari, KP – Setahun sudah pandemi Covid-19 melanda mempengaruhi segala sektor kehidupan, ditambah dengan bencana alam yang sebelumnya terjadi di Tanah Laut (Tala), maka tidak salah bila Hari Lahir Pancasila yang diperingati tahun ini adalah momentum mengumpulkan energi bangsa untuk lebih memperkuat persatuan.

Demikian disampaikan Bupati Tala yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Tala H Bambang Kusudarisman usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Barakat Setda Tala, Selasa (1/6/2021).

“Kita telah melalui beberapa momen yang menguji iman, kesabaran, dan kebersamaan, khususnya dalam satu tahun terakhir. Peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah momentum kita bersama, kembali mengumpulkan energi untuk lebih memperkuat persatuan antar sesama putra-putri bangsa”, ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, Tala sebagai daerah yang penduduknya hidup dalam keberagaman suku agama dan budaya telah menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Lainnya
1 dari 480

“Alhamdulillah nilai-nilai Pancasila di daerah kita memang benar-benar diterapkan oleh warga dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai daerah dengan berbagai keragaman suku, agama, adat dan budaya, kita patut berbangga Tala tergolong daerah yang kondusif, kita hidup berdampingan dan damai dalam keberagaman”, pungkasnya.

Upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni secara nasional kali ini digelar di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. Upacara dilaksanakan dengan peserta terbatas, namun seluruh pejabat, kepala daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan mengikuti secara virtual di daerah masing-masing.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam amanatnya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, profesional, generasi muda dan seluruh warga bersatu padu dan memperkokoh nilai Pancasila demi mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Selamat membumikan pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Selamat Hari Lahir Pancasila,” pungkas Presiden Joko Widodo. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya