Hibah Rp 653 Juta Pemkab HSS
Ribuan Relawan Damkar Terlindungi Asuransi

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menyerahkan dana hibah sebesar Rp 653.500.000, untuk Kerukunan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kamis (3/6/2021) pagi di Lobi Kantor Sekretariat Daerah setempat. Dana tersebut, sebagian besar untuk asuransi 1300 orang relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) di HSS.

Bantuan hibah itu rutin tiap tahun diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, upaya membatu tugas para relawan Damkar, Pemkab HSS memberikan dana hibah tiap tahun kepada Kerukunan BPK.

Dana tersebut dikelola Kerukunan BPK, sebagian besar untuk membayar asuransi. Anggota relawan yang terdaftar dalam kerukunan dibayarkan dalam asuransi Jasa Raharja Syariah.

“Jadi anggota relawan Damkar diasuransikan untuk jaga-jaga, meskipun kita tidak ingin terjadinya hal yang tidak diinginkan menimpa petugas,” tuturnya.

Achmad Fikry berharap, anggota relawan Damkar merasa terlindungi saat bertugas dengan adanya asuransi tersebut. “Tugas mereka kan sangat berat, Alhamdulillah sudah sekian tahun dikelola kerukunan dalam melindungi dengan asuransi,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 574

Ia meminta, Kerukunan BPK terus memperbaharui data anggota relawan Damkar, sehingga jika terjadi sesuatu hal tidak kesulitan dalam klaim asuransi.

Wakil Ketua Kerukunan BPK HSS Junaidi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab HSS, yang kembali memberikan dana hibah yang akan digunakan untuk kepentingan petugas Damkar.

Melalui dana itu sebutnya, sekitar 1300 anggota relawan dari 58 unit Damkar di berbagai kecamatan terlindungi asuransi di Jasa Raharja.

Pihaknya juga terus memperbaharui data. Tiap ada anggota atau unit Damkar baru, maka akan diuji coba dahulu selama setahun untuk melihat kinerja dan kesungguhan, baru diikutsertakan dalam program asuransi.

“Asuransi ini sangat membatu kita terutama saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” ujar Junaidi.

Selain itu tambahnya, dana juga untuk pemeliharaan alat operasional Damkar dan repeater alat komunikasi.

“Repeater ini juga sangat vital bagi kita untuk berkomunikasi, jadi setiap tahun juga kita anggarkan,” jelasnya. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya