Bupati Pimpin Apel Siaga Karhutla

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan memimpin Apel Siaga Darurat Bencana Kabut Asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tapin tahun 2021, bertempat di Lapangan Dwi Darma Rantau, Kamis (3/6/2021) siang.

Turut hadir Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kapolres Tapin AKBP Pipit Subiyanto, Ketua Pengadilan Negeri Rantau, Perwakilan Kodim 1010 Rantau, Kejari Tapin dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin.

Peserta apel Kepolisian Resor Tapin, TNI Kodim 1010 Rantau, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, Bapara, dan Barisan Pemadam Kebakaran Perusahaan di Tapin.

Bupati tapin dalam amanatnya menyampaikan, apel siaga darurat bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tapin ini hendaknya menjadi sarana untuk membangun pemahaman, kesadaran kepedulian dan tanggung jawab bersama semua pihak dalam menanggulangi terjadinya karhutla.

“Penanggulangan bencana tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dan seluruh komponen masyarakat,“ tegasnya.

Berharap dengan adanya apel siaga ini jika terjadinya bencana maka kualitas dan kuantitas penanganan bencana akan semakin cepat dan semakin baik lagi.

Berita Lainnya

Pengelolaan SPAN Lapor Tapin terbaik

Kader PKK Kecamatan Dilatih Kelola Pangan Lokal

1 dari 285

Ditambahkan Bupati, dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan tahun ini, meminta kepada aparatur desa dapat memberdayakan warga dilingkungan desanya masing-masing, untuk menanggulanginya. Karena warga desa setempat yang lebih tahu dan bisa cepat dalam menangani apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayahnya.

Menurut Bupati alam kita masuk daerah rawa namun produktif bisa ditanami berbagai macam tanaman, tentunya kalau musim kemarau, kebakaran rawan terjadi, untuk menanggulangai tersebut tentunya peran warga desa setempat sebagai ujung tombak dalam penanggulangan awal.

Dihimbau kepada kepada masyarakat kalau terjadinya kebakaran lahan atau hutan diwilayahmasing-masing, tolong cepat diberi tahu kepada aparat penegak hukum dan apparat desa setempat, untuk segera ditanggulangi secara bersama-sama jangan sampai membesar.

Atas nama pemerintah Kabupaten Tapin, atas nama pemerintah Kabupaten Tapin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada semua pihak baik BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, dan Damkar, Manggala Agni, TRC, TRT, Tagana, BAPARA, Orari, Desa Tangguh Bencana, PT HCT,PT BMB, PT KPP, PT AGM dan PT BRE dan lainnya tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah bersedia bergabung dalam apel siaga darurat bencana.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin dikutip Badan Meteorologi Klimatologi dan Geifisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Selatan bahwa awal musim kemarau tahun 2021 diprediksi terjadi pada pertenganan  bulan juni hingga akhir bulan September 2021.

Apabila terjadi perkiraan tersebut tentunya bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tidak dapat kita hindari, tetapi penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin akan terjadi akibat bencana tersebut. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya