Kader Desa Bisa Menerapkan Pola Asuh Anak baik

Rantau, KP – Upaya memberikan pengetahuan kepada kader PKK Desa, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin menggelar pola asuh anak Kabupaten Tapin. Selasa (29/6/2021) kemarin bertempat Aula Kantor Desa Jingah Babaris Kec Tapin Utara.

Kegiatan dikuti pengurus PKK Desa Jingah Babaris dan Aparat desanya menghadirkan naras umber Ketua Tim Penggerak PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin dengan materi pola asuh anak.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kab Tapin Hj Mustaidah Syafrudin Noor, Kepala DP3A Tapin Hj Lailian Noor dan Pengurus PKK Kabupaten Tapin.

Ketua PKK Kab Tapin dalam sambutannya sekaligus memberikan materi mengatakan, pola asuh anak sangat penting dipelajari. Karenanya orang tua agar dapat memberikan pola pengasuhan yang baik dalam mendidik anak, dari situlah perkembangan anak kedepannya, apakah baik atau buruk.

Dikatakannya bahwa anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun dan tidak berusia diatas tersebut, itu adalah disebut orang dewasa, dimas anak-anak inilah peran orang tua sangat diperlukan dalam mendidik anaknya sesuai dengan perkembangan zaman diperlukan keseriusan dan kesabaran.

“Pengasuhan anak yang keliru dapat menimbulkan pada psikis dankejiwaan anaknya, sehingag menjaid sulit terkontrol dalam pergaulannya, “ ujar Hj Ratna.

Oelh karena nya sejak anak suia dini agar dapat ditanamkan nilai-nilai kebaikan dalam lingkungan keluarga, seperti berprilaku jujur  berlaku jujur dan bertanggung jawaban, sehingga dengan harapan dapat menjaidkan generasi yang Tangguh dan berakhlak mulia.

Dijelaskan istri Bupati ini, dalam pola asuh anak, ada tiga yang perlu diketahui oleh orang tua. Yakni pola asuh otoriter, permisive dan demokrasi.

Berita Lainnya
1 dari 264

“Diantara tiga pola asuh anak ini, yang paling baik yakni pola asuh demokrasi,” bebernya.

Dengan menerapkan pola asuh teresebut, baik buruknya prilaku anak dapat tercermin dan terlihat dari pola asuh mereka dalam keluarga.

Oleh karenanya berharap kepada peserta kader pkk desa jingah babaris agar pengetahuan pola asuh anak dapat dijadikan bekal dan pedoman untuk ditindaklanjuti di lingkungan keluarga masing-masing, terutama yang mengiktui kegiatan sosialiasi ini.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Hj Lailian Noor melaporkan, kegiatan sosialiasi pola asuh anak bagian dari program peningkatan kualitas keluarga di Jingah Babaris Kec Tapin Utara.

“Pelaksanaan sosialisi berlangsung selama dua hari sejak 29-30 Juni 2021 bertempat di Aula Desa Jingah Babaris Kec Tapin Utara,’’ ujarnya.

Perserta adalah semua kader PKK Desa Jingah Babaris dan aparat desa Jingah Babaris.

Berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan mencermati materi yang disampaikan naras sumber, apabila ada yang kurang paham agar di tanyakan kembali, hal itu agar supaya jelas dan tidak salah dalam memberikan pola asuh anak.

“Mudah-mudahan dengan sosialiasi kegiatan pola asuh anak, dapat menjadikan keluarag kita sehat dan sejahtera menjadikan anak menjadi generasi yang kuat dan tangguh,’’ harapnya. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya