Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Kejar Diatas 60% Pemilih PSU Pilgub di Bansel

×

Kejar Diatas 60% Pemilih PSU Pilgub di Bansel

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) di wilayah Banjarmasin Selatan pada Rabu (9/6) mendatang, ditargetkan berada diatas 60%.

Android

Jika berkaca pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu, angka partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya sebesar 57,3 persen.

Kemudian, jika dilihat dari penyelenggaraan PSU Pilwali di tiga kelurahan Banjarmasin Selatan 28 April lalu, partisipasi pemilih mengalami peningkatan sekitar 10 persen.

Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Banjarmasin, Taufiqurrakhman mengatakan, untuk memenuhi target tersebut, pihaknya telah menggelar sosialisasi kepada perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pemilih pemula hingga disabilitas yang ada di 12 kelurahan wilayah Banjarmasin Selatan.

“Yang kita sosialisasikan tentunya mengenai tanggal pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020, kemudian juga siapa yang berhak memilih serta tata cara pencoblosan surat suara,” ujar Taufiq, saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon.

Selain melakukan sosialisasi dengan mengundang perwakilan masyarakat secara langsung, Ia menerangkan sosialisasi juga dilakukan dengan cara lainnya.

Misalnya dengan cara memasang sedikitnya 5 spanduk di setiap kelurahan dan juga membagikan sebanyak 30 poster di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setiap kelurahan kita cetak lima spanduk, kemudian juga ditambah spanduk dari KPU Kalsel. Selanjutnya juga di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita bagikan 30 poster,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui pengeras suara di tempat ibadah, seperti masjid dan mushala.

Taufiq pun berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi, maka nantinya akan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih khususnya di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Ada aspirasi dari peserta agar sosialisasi juga dilakukan dari tempat ibadah, untuk mengingatkan masyarakat di lingkungannya agar menggunakan hak pilihnya seperti saat PSU Pilwali Banjarmasin kemarin. Dan tentu kita sangat mengapresiasi aspirasi-aspirasi yang muncul seperti ini,” pungkasnya. (Zak/KPO-1)

Iklan
Iklan