Kepala Puskesmas Sungai Malang Resmi Komandoi DPW APKESMI Kalsel

Banjarmasin, KP – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dilantik untuk menjalankan kepengurusan periode 2021-2024, Sabtu (5/6) siang.

Pelantikan yang langsung dilakukan oleh Sekjen Dewan Pengurus Pusat (DPP) APKESMI dan Dinkes Provinsi Kalsel di salah satu ballroom hotel berbintang di Jalan A Yani KM 5, Banjarmasin itu resmi menunjuk Fajeri, SKM., MPH., AAK. Sebagai Ketua DPW APKESMI Kalsel.

Alhasil, kini Kepala Puskesmas Sungai Malang, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU itu telah sah memegang komando dari organisasi yang bertujuan untuk kemajuan fasilitas pelayanan kesehatan plat merah itu

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Muslim mengatakan harapan agar APKESMI dapat dioptimalkan sebagai wadah menyalurkan aspirasi Puskesmas untuk mewujudkan masyarakat Kalsel menjadi masyarakat yang sehat.

APKESMI juga diharapkan menjadi sarana berbagi informasi antara sesama Puskesmas terkait aturan dan kebijakan yang ada sehingga terjadi pemerataan pemahaman pada seluruh Puskesmas di Kaimantan Selatan.

“Kami siap menerima masukan dari APKESMI dalam rangka pencapaian program kesehatan, terutama saat ini program vaksinasi bagi lansia. Kita harus terus bersama untuk mensukseskan program nasional tersebut, semoga kita bisa segera mengakhiri pandemi Covid-19,” ujarnya

Sementara itu, Fajeri menjelaskan, bahwa kepengurusan APKESMI Kalsel di bawah komandonya memutuskan untuk berfokus kepada peningkatan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 2.979

“Terutama pemberian predikat BLUD yang masih banyak belum dimiliki rata-rata Puskesmas di Kalsel,” ungkapnya di sela pelantikan tersebut.

Menurutnya, dengan terbentuknya kepengurusan DPW APKESMI, membuat sebanyak 237 Puskesmas yang ada di Bumi Antasari ini bisa lebih mudah untuk berkomunikasi, khususnya pemecahan masalah dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat.

“Karena, APKESMI adalah wadah untuk mewujudkan Puskesmas yang kokoh, tangguh dan bermutu,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pembangunan kesehatan, Puskesmas memiliki peranan yang sangat signifikan mengingat beban pemenuhan Standar Minimal Pelayanan Bidang Kesehatan sebagian besar bertumpu di pundak Puskesmas.

Oleh karena itu integritas Puskesmas sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan program-program kesehatan yang telah dicanangkan.

“APKESMI Juga sebagai wadah bagi Puskesmas untuk berkonsolidasi, berkolaborasi dan berekspresi,” tukasnya.

Selanjutnya, menurut ia akan segera melakukan konsolidasi dengan anggota dan formatur guna menyusun dan membentuk kepengurusan.

“Kedepan akan menyusun program kegiatan, salah satunya mensukseskan program vaksinasi Covid 19, serta mewujudkan harapan kita bersama yakni semua Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan meningkatkan mutu dan akreditasi,” paparnya.

Namun, ia menambahkan, yang paling penting dari seluruh target tersebut adalah peningkatan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

“Dengan ditingkatkannya kualitas SDM. Maka insyaa Allah akan terbentuk pelayanan kesehatan yang bermutu,” pungkas Fajeri. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya