Penanaman Pohon Trambesi dan Angsana di Area Wisata Goa Lowo

Kotabaru, KP – Goa Lowo yang ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, adalah salah satu destinasi wisata pegunungan di Kotabaru, yang saat ini mulai diminati pelancong.

Upaya melestarikan alamnya, pekan kemarin, dilakukan Penghijauan di sekitar lokasi objek wisata Goa Lowo tersebut, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang menjadi perhatian banyak pihak untuk menjaga keberlangsungan ekosistem hayati agar selalu lestari bagi kehidupan dimasa yang akan datang.

Disampaikan Syafruddin, Kepala Desa Tegalrejo, bahwa “Perusahaan Produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun telah melaksanakan penanaman ribuan pohon dengan berbagai jenis dibeberapa wilayah, utamanya di sekitaran area kerja pabrik dan desa binaan, dalam rangka memberikan edukasi dan perbaikan kualitas lingkungan hidup, seperti di Desa Langadai, PT ITP juga menanam pohon termasuk di area ekowisata Goa Lowo, di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir dengan jenis pohon yang ditanam adalah pohon trambesi dan angsana.

Terimakasih kepada PT ITP yang sudah peduli terhadap kawasan ekowisata Goa Lowo, itu sangat berguna bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar kades Syafruddin.

Sementara salah satu pegawai Kecamatan Kelumpang Hilir, Ahyar Maulana, mengharapkan kegiatan semacam itu terus berlanjut sehingga kelestarian alam akan terus terjaga.

“Terimakasih kepada PT ITP yang sudah melakukan kegiatan penananaman pohon dalam memperingati hari Lingkungan Hidup tahun 2021 ini,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 207

Senada dengan itu, perwakilan KPH Cantung, Dani Prasetyo menyatakan, pihaknya sangat apresiasi penanaman yang terlaksana oleh PT ITP. Karena menurutnya, suatu ekosistem sangat bergantung pada lingkungannya. Manusia tidak lepas dari ketergantungan kepada lingkungan, karena tanaman yang dihasilkan sangat dibutuhkan utamanya untuk fungsi oksigen yang diperlukan manusia.

“Kami juga berharap selain menjaga lingkungan juga bermanfaat bagi masyarakat agar terus menjaga lingkungan tetap indah dan lestari,” harapnya.

Sedangkan Management PT ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki menyampaikan, ” Penanaman pohon merupakan kegiatan tahun ke-8 ditahun 2021 yang dilaksanakan PT ITP Tarjun, sebagai tindak lanjut dari program penanaman ditahun-tahun sebelumnya.

Selain menanam pastinya juga pemeliharaan dan pemantauan terhadap pohon yang ditanam menjadi perhatian sehingga nantinya bermanfaat bagi lingkungan,” katanya.

Dikatakannya lebih jauh, tujuan penanaman pohon di lakukan untuk menjaga dan melestarikan ekosistem hayati yang hidup dilingkungan perusahaan. Selain itu, untuk memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat sekitar agar bisa berperan dan bersama-sama menjaga lingkungan hidup.

“Ini merupakan salah satu program yang terus menjadi agenda bagi PT ITP yang bukan saja melakukan kegiatan peduli lingkungan. Akan tetapi, intinya adalah untuk mengedukasi masyarakat sehingga keberlangsungan kehidupan lingkungan hidup dapat lestari,’’ pungkas H Teguh. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya