Pentingnya Perencanaan Bagi Remaja Sebelum Berkeluarga

APEL - Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 secara virtual di mess Negara Dhipa yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat, Senin (21/6/2021). (KP/Ist)

Amuntai, KP – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj Anisah Rasyidah Wahid menekankan bagi remaja pentingnya perencanaan sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Hal itu sebagaimana disampaikan usai mengikuti Apel Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 secara virtual di mess Negara Dhipa yang diselenggarakan oleh BKKBN pusat, Senin (21/6) bersama jajaran.

Anisah menekankan pentingnya perencanaan bagi kalangan remaja sebelum memasuki jenjang rumah tangga.

“Jadi untuk menghindari Anak-anak stunting dimulai dari remaja, jadi menjaga kesehatannya jangan sampai pernikahan dibawah umur”, ungkapnya.

Selain itu, ia juga menghimbau jangan sampai ada anak-anak di pernikahan dibawah umur atau di bawah usia yang kurang dari 16 atau 17 tahun.

Berita Lainnya
1 dari 358

Semestinya, Lanjut Anisah usia perkawinan untuk putri diumur 21 tahun dan putra 25 tahun itu adalah usia ideal apabila remaja sudah siap dan kesehatannya juga bagus, itu akan menghasilkan anak-anak, bayi dan balita yang sehat serta cerdas.

Disamping itu, Melalui apel peringatan Harganas yang diikuti oleh jajaran DPPKB HSU kali ini, Anisah juga menekankan apa yang telah disampaikan oleh kepala BKKBN Pusat agar bersama-sama menyiapkan keluarga serta bersama-sama mencegah stunting.

Kita diharuskan menyiapkan keluarga sebaik mungkin untuk juga mendapatkan tugas dalam pencegahan dan penurunan angka stunting yang ada di Indonesia.

Annisah kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat HSU di masa remaja sudah harus mempersiapkan masalah kesehatannya.

“Jaga kesehatan dan merencanakan sekolah dulu, kuliah dulu, kerja dulu baru menikah itu adalah yang direncanakan apabila terencana semuanya akan menghasilkan anak yang sehat, anak yang cerdas anak yang berakhlakul karimah,” lanjutnya.

Apabila semuanya direncanakan maka rumah tangga akan menjadi rumah tangga yang sakinah, mendapatkan kesejahteraan kedamaian serta kebahagiaan dan itulah tujuan kita adalah Keluarga yang bahagia dan sejahtera semuanya akan berjalan dengan baik semuanya dimulai dengan perencanaan. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya