Ratusan Ha Sawah Di Penggalaman Terancam Puso karena Kurang Air

Banjarmasin, KP – Ratusan hektar sawah di Pasar Kilat desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat terancam puso. Pasalnya petani sawah yang menanam padi di sawah tidak mendapatkan air untuk pertumbuhan padi yang mulai tumbuh.

Hal ini dikeluhkan petani disana seperti diungkapkan seorang petani yang biasa di panggil Mama Iluk, Jumat (11/6/2021), kepada KP melalui telpon selulernya, sembari menambahkan tanpa adanya air masuk kesawah maka petani tidak akan menuai apa yang ditanamnnya.

“Kami petani yang sudah menanam, hanya mengharapan air dan meminta kepada instansi terkait untuk membuka saluran di GT 7 sampai 10 agar sawah kami dapat pasokan air,’’cerita mama Iluk.

Proses pengeringan sawah trsebut lebih parah lagi dengan adanya pengerukan saluran yang dilakukan instansi terkait untuk mengantisipasi banjir.

Berita Lainnya
1 dari 789

Lebih jauh ia menceritakan, bila air tidak masuk ke sawah sudah dipastikan pihaknya tidak akan panen tahun ini.

“Andaikan ada hujan dalam beberapa hari sawah yang sudah ditanam ini masih bisa diharapkan kalau tidak ada hujan kami mengharapkan instansi pertanian maupun terkait lainnya membuka pintu irigasi di GT 7 sampai 10 itu,’’beber mama Iluk.

Dikatakan Mama Iluk beberapa hari lalu memang ada Gubernur Terpilih Paman Birin datang, tetapi karena kunjungannya terallu singkat sehingga tidak sempat melaporkan kekurangan air ini.

“Mudahan permohonan kami ini di dengar dan ditindaklanjuti,’’harap Mama Iluk menutup pembicaraan. (K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya