Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Bupati Lakukan Evaluasi

Pelaihari, KP – Terkait lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang dalam lima hari terakhir mencapai 100 orang membuat Bupati Tala HM Sukamta memimpin langsung Rapat Evaluasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 guna mengambil langkah nyata agar kasus Covid-19 tidak mengalami lonjakan. Bertempat di Aula pencerahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tala, Kamis (8/7/2021).

Pada kesempatan itu bupati mengintruksikan kepada seluruh Tim Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 hingga ketingkat kecamatan untuk melakukan penertiban penegakan protokol kesehatan, melakukan penegakan terhadap setiap pelanggaran serta tempat-tempat yang berpotensi mengakibatkan kerumuman harus diawasi agar tidak terjadi lonjakan kasus yang lebih cepat lagi.

“Hal ini saya lakukan karena dalam seminggu terakhir terdapat lonjakan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan, angka kematian karena Covid-19 hingga saat ini mencapai 106 orang, sehingga saya harus mengambil langkah-langkah serius dan tegas untuk pencegahan,” ucap Sukamta.

Terkait sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka Sukamta menyampaikan masih dilakukan evalusi untuk melihat dari sistem zonasi, untuk Sekolah Dasar akan dilakukan pembelajaran hanya untuk zona hijau yang ada di 100 desa, dengan syarat hanya diisi 50 persen murid, pembelajaran paling lama hanya dua jam, memastikan tenaga pengajar sudah melakukan vaksin dan memastikan pihak sekolah mampu melaksanakan protokol kesehatan.

Berita Lainnya
1 dari 447

“Secara teknis nanti Dinas Pendidikan Kabupaten Tala yang akan mengatur, untuk zona merah saya pastikan masih menggunakan metode dalam jaringan (daring),” ungkapnya.

Untuk vaksin Kabupaten Tala hanya menerima saja sehingga Tim Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah sudah meminta ke pusat untuk mempercepat pengantaran vaksin dalam jumlah yang besar untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Tala.

“Kalo untuk sekarang perhari hanya sekitar 100 dosis vaksin yang didrop ke Tala, sehingga apabila dosis yang ada habis kita akan menunggu lama untuk melakukan vaksin, kami sudah meminta ke pemerintah pusat untuk melakukan pengantaran dengan jumlah yang besar agar proses vaksinasi bisa cepay diselesaikan,” pungkas Bupati Sukamta.

Turut berhadir dalam rapat evaluasi tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tala, Sekretaris Daerah Kabupaten Tala, Kepala Dinas Lingkup Pemerintah Kabupaten Tala serta Camat se-Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya