Dua Triliun Nilai Pembangunan Pabrik Biodisel Ada di Tanbu

Batulicin, KP – Pembamgunan Pabrik biodisel didesa Sungai Dua kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu menjadi perhatian warga Tanah Bumbu dan Kalimantan selatan.

Pabrik biodisel dengan nilai ivestasi sangat pantastis ini adalah  murni di miliki oleh pegusaha  putra dari Tanah Bumbu H.Syamsudin. direncanakan Pabrik ini akan beroperasi pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Peresmian Pabrik rencanakan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Direktur Eksan Agro Sentosa (EAS) Syafrinal lubis saat mempersentasikan kondisi pabrik dihadapan Bupati dan rombongan menyampaikan, pembangunan pabrik Biodisel di desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu ini menghabiskan dana senilai 2 triliun.

“Pembangunannya sebesar 2 trliun, 1 triliun untuk pabrik dan prasara pabrik, dan 1 trilun lagi untuk pembangunan Jety,” ujar Syafrinal Lubis. Lebih lanjut ujar Safrinal, pabrik ini akan mempruduksi bio disel dan juga minyak goreng, dengan kapaistas pruduksi 60 ton perjam setara dengan 1.600 ton tandan buah sawit (TBS).

Bahan baku 30 persen dari lokal, sisanya pasok CPO dari luar daerah untuk pemenuhan pruduksinya.

Berita Lainnya
1 dari 513

“Oktober rencananya pabrik akan ber opersi”,tambahnya. Lebih jauh dijelaskan, pabrik biodisel kabupaten Tanah Bumbu adalah pabrik biodisel terbesar dari empat pabrik lainya yang berada d kaltim, kalteng, juga Sulawesi.

“Di kalsel adalah pabrik biodisel terbesar dari tiga pabrik lainya”, terangnya. Menyinggung market dari hasil pruduksi yang dihasilkan dari Pabrik Biodisel ini, Safrinal menjelaskan bahwa nanti pertamina yang mengambil hasil pruduksinya, tandasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM,Zairullah Azhar di acara ini mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kehadiran pabrik ini. 

Perusahaan besar seperti ini akan menjadi kebanggaan di Kalimantan Selatan kerena beroperasinya perusahaan ini diharapkan membuka lapangan kerja bagi warga Tanbu dan peningkatan ekonomi.

“Semoga saat Louncing nanti Presiden Jokowi hadir di Tanbu, disisi lain kehadiran beliau akan memberikan dampak positif bagi kemajuan Tanbu yang sejak lama sudah dicanangkan sebagai kawasan industri,” tandasnya. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya