Memasuki Musim Kemarau, Masyarakat dan Pemkab Diminta Waspada

Kasongan, KP – Memasuki musim kemarau yang dimulai akhir Juli 2021 ini, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan diminta waspada. Demikian yang dikatakan Wakil ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah SP kepada sejumlah media, Kamis (22/7/2021)

Kepada masyarakat, terutama bagi petani yang biasa mengolah pertaniannya dengan cara berladang (peladang berpindah-pindah) agar mentaati semua aturan yang ada atau mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Maksudnya, saat melakukan pembakaran, sejumlah persyaratan wajib ditaati oleh para petani peladang. “Diantara persyaratan tersebut, harus seizin ketua RT dan Kepala Desa (Kades) setempat, membuat skat bakar dan harus dijaga ketat oleh pemilik lahan, serta persyaratan lainnya,” sebut legislator partai Golkar ini.

Sedangkan kepada Pemkab Katingan, dalam hal ini, baik Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mempersiapkan sarana dan prasarana (sarpras)-nya.

Berita Lainnya

Kebutuhan Obat di Katingan Selalu Kurang

DPRD Katingan Kurban 2 Ekor Sapi

1 dari 93

Meskipun sarpras terbilang siap dan cukup handal dan lengkap, namun menurutnya harus pula dilakukan pengecekan setiap saat. “Sehingga, ketika sewaktu-waktu terjadi karhutla mendadak, bisa langsung ditanggulangi,” harapnya.

Intinya, kita menurutnya tidak mau terjadi karhutla yang sampai mengakibatkan asap memenuhi wilayah Katingan dan sekitarnya. Apalagi asapnya sampai ke beberapa wilayah lainnya. “Karena, dampaknya bukan hanya merugikan material saja, tapi juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita,” ujarnya.

Yang dimaksud kerugian material menurutnya, lantaran terlalu banyaknya asap di wilayah kita, tentu saja akan mempersulit dalam beraktivitas. Jika kesulitan menjalankan aktivitasnya, tebtu saja akan mengurangi penghasilan.

Sedangkan yang dimaksud karena asap bisa merugikan kesehatan tubuh menurutnya, sudah jelas mendatangkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit lantaran penuhnya asap yang bertebaran dimaksud, adalah penyakit Infeksi Saluran Pernapasn Akut (ISPA). “Oleh karena itu, mari kita semua untuk waspada di musim kemarau ini,” ajak anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III, yang meliputi wilayah kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya