Sukamta Buka Sosialisasi Perda di Kecamatan Takisung

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta membuka secara resmi acara Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalsel, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Takisung, Senin (5/7/2021).

Pada sambutannya bupati mengatakan dalam Perda Nomor 4 Tahun 2016 ada dua yang harus diberdayakan yang pertama iyalah pemerintah desa dan yang kedua yaitu masyarakatnya, jadi ada dua hal yang terpisah dari amanat perda ini yang harus diberdayakan sehingga desa bisa lebih maju lagi.

“Jadi di desa itu banyak sekali lembaga-lembaga yang harus diberdayakan, seperti pendamping desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan lain-lain,sehingga dalam menyusun perencanaan-perencanaan pembangunan, dalam tata kelola pemerintahan dan keuangan bisa lebih baik lagi,” ucap Bupati Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 443

Ia melanjutkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala sudah mendukung sepenuhnya seluruh desa dengan mengalokasikan anggaran dana desa sebanyak kurang lebih Rp 1 miliar dan bisa dibandingkan dengan desa-desa lain diseluruh Kalsel, ini semua tidak lain untuk kemajuan seluruh desa yang ada di Tala.

“Alhamdulillah Tala masih bisa mengalokasikan 15% dari dana transfer setelah dikurangi belanja pegawai, tentunya angka tersebut diatas rata-rata amanat undang-undang yang mengharuskan minimal 10 persen,” ucap bupati.

Sukamta juga mengucapkan terimakasih kepada Hj Mariana yang sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel karena telah menyempatkan waktu untuk menyosialisasikan perda di Kecamatan Takisung.

“Saya ucapkan selamat datang dan terimakasih karena mau menyempatkan waktu untuk mengunjungi Kecamatan Takisung untuk menyosialisasikan Perda Nomor 4 tahun 2016, saya harap para peserta bisa mengikutinya dengan baik untuk bisa diaplikasikan didalam pekerjaan sehari-hari,” pungkasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya