Sukamta Dukung Tanah Laut Mahir Digital

Pelaihari, KP – Dalam mewujudkan Tanah Laut (Tala) yang mahir dan maju dalam penggunaan teknologi digital baik di pemerintahan maupun di kehidupan sosial, diperlukan peningkatan wawasan terhadap literasi digital dalam penerapannya. Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta saat bertindak sebagai Key Note Speaker dalam Web Seminar (webinar) Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Senin (5/6/2021).

“Literasi digital sangat penting untuk dipelajari, hal tersebut akan menunjang pengetahuan dan kecakapan kita sebagai pengguna media digital, pemanfaatan yang produktif, dan mengerti etika dalam penggunaan teknologi digital. Harapannya kelak kita akan menjadi daerah yang mahir digital,” ungkapnya.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat khususnya teknologi digital harus disikapi secara terbuka. Banyak masyarakat yang latah akan teknologi dan mengabaikan norma-norma sosial sehingga tidak sedikit dampak negatif yang ditimbulkan. Untuk itu pemerintah pusat melalui Kemenkominfo bersinergi dengan pemerintah daerah, lembaga dan organisasi kemasyarakatan dalam meluncurkan Gerakan Nasional Literasi Digital sejak April 2021 lalu.

Berita Lainnya
1 dari 443

“Kita sangat mendukung target pemerintah pusat yang mengampanyekan Gerakan Nasional Literasi Digital 2021-2024. Dengan digelarnya gerakan ini, diharapkan juga terjadi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di Tala dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” imbuh Sukamta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmennya untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur digital diseluruh daerah Indonesia. Hal tersebut diiringi pula dengan pelatihan dan kegiatan penambahan wawasan literasi digital.

“Kita dorong percepatan pembangunan infrastruktur digital diseluruh daerah, target kita pada akhir 2022 nanti jaringan 4G sudah harus merambah seluruh perdesaan dan kelurahan. Dengan peningkatan literasi digital, kita akan menjadi pengguna yang cerdas, tidak mudah termakan hoax, dan memerangi konten negatif di dunia maya dengan memperbanyak membuat konten positif yang mendidik, menyejukkan dan menyerukan perdamaian,” pungkas Joko Widodo. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya