Tanah Laut Juara Umum Porda SOIna Provinsi Kalsel

Kontingen Tanah Laut merebut gelar juara umum PORDA Soina 2021, setelah merebut medali terbanyak, 10 emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Martapura,KP – Kontingen Kabupaten Tanah Laut menasbihkan diri sebagai juara umum pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Special Olympics Indonesia (SOINA) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021.

Atlet-atlet Tunagrahita asal Bumi Tuntung Pandang tersebut, berhasil mengumpulkan 10 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu. Raihan tersebut merupakan yang terbanyak dibanding kontingen kabupaten lain.

Adapun 10 emas kontingen SOIna Tanah Laut direbut dari cabang olahraga (cabor) Atletik 100 meter class high puteri, Atletik 25 meter class low putera, 25 meter class low Puteri, tenis meja class high Puteri, Bocce class DS puteri, Badminton putra, Voli putera, bola tangan putri, futsal putera, dan futsal puteri.

Sedangkan 3 medali perak dari cabor renang gaya bebas 25 meter class high Puteri, Bocce class DS putera, dan Badminton putri.

Sementara 7 medali Perunggu diraih dari, renang gaya dada class high Puteri, Tenis meja class high putera, Atletik lari 100 meter class high Puteri, Atletik 25 meter class low Puteri, badminton putri, Bola tangan putra, dan Bola basket putra.

Ketua SOIna Kabupaten Tanah Laut, Haryono, S.Pd menyebut kunci keberhasilan Tanah Laut adalah tekad untuk memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Tanah Laut. Selain itu, persiapan matang dan ketekunan dalam berlatih juga membuat para atlet mampu mendulang banyak medali pada keikutsertaan kali ini.

“Kita sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Anak-anak sudah latihan sejak beberapa bulan lalu, walaupun Soina baru dilantik 22 Mei tadi,” kata Haryono.

Berita Lainnya
1 dari 399

Dia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam hal ini Bupati H Sukamta dan jajarannya, Dispora Tanah Laut, juga pihak-pihak terkait lainnya.

Lebih jauh Haryono mengungkapkan pihaknya akan fokus mempersiapkan para atlet, yang nantinya akan mewakili Kalsel di ajang Pornas SOIna di kota Semarang Jawa Tengah, tahun depan.

Selanjutnya kita akan menggelar latihan intens sebagai persiapan ke tingkat nasional di Semarang, sembari berkoordinasi dengan SOIna Provinsi dan Dispora Kalsel,” pungkasnya.

Kadispora Kalsel H Hermansyah ketika meresmikan Porda Soina Kalsel, menegaskan penyelenggaraan digelar dengan protocol kesehatan yang ketat, diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet yang nantinya dapat mengharumkan nama banua Kalsel di kancah nasional dan internasional.

‘’Kita patut bangga pada atlet-atlet Soina Kalsel, karena pernah mengukir prestasi tingkat internasional di Abu Dhabi Uni Emirat Arab pada tahun 2019 lalu dengan mempersembahkan beberapa medali emas,’’ kata Hermansyah.

Kita harapkan dari ajang Popda Soina Kalsel 2021 ini, kembali akan lahir atlet-atlet berprestasi membanggakan, pungkasnya.

Menurut Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, HM Nasir didampingi Kasi Pengembangan Olahraga Rekreasi,Tradisional dan Layanan Khusus, H Budiono Porda Soina 2021 mempertandingkan 10 cabang olahraga yakni atletik, bocce, bola voli, bola tangan, renang, futsal, bola basket, bulu tangkis, tenis meja, dan senam ritmik.

Menurutnya event ini di daerah diadakan 2 tahun sekali sampai ke nasional.

Tahun ini Porda SOina di Banjarbaru, Martapura, dan Kiram,hal itu untuk mematuhi aturan protocol kesehatan (prokes), menghindari terjadinya penumpukan massa, sehingga digelar terpisah pada tiga lokasi . (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya