Bantuan Warga Isoman Mulai Dikucurkan

Banjarmasin, KP – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Banjarmasin, Siti Wasilah menyalurkan bantuan kepada mereka yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

Bantuan berupa paket sembako dan produk olahan UMKM itu diserahkan secara simbolis kepada warga RT. 13 Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Jumat (06/08) siang.

“Ada 2.000 paket sembako dan 2.000 produk olahan UMKM yang kita beli lalu dibagikan,” ucap Siti Wasilah, saat dikonfirmasi awak media usai membagikan bantuan.

Menurut Wasilah, bantuan ini adalah rangkaian dari program PKK peduli warga Isoman selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

Adapun produk UMKM yang pihaknya beli adalah mereka pelaku usaha yang terdampak penerapan PPKM level IV. Bukan tanpa sebab, dengan keterbatasan akibat penerapan PPKM level IV ini, sangatlah berdampak terhadap omset pendapatan mereka.

“Pokoknya produk UMKM yang terdampak PPKM ini kita beli, lalu kita bagikan untuk warga yang sedang menjalani Isoman dan warga membutuhkan lainnya,” pungkasnya.

Lantas, bagaimana dengan rencana bantuan dari Pemko untuk warga Isoman lainnya?

Terkait hal itu, Wali Kota, Ibnu Sina mengakui bahwa penyaluran bantuan secara keseulurahan memang belum dilakukan.

Berita Lainnya
1 dari 3.546

Namun pihaknya mengklaim telah menerima banyak bantuan dari program CSR dan beberapa komunitas.

Selain itu juga sudah ada diusulkan penyaluran bantuan dari BPBD dan Dinas Sosial, yang saat ini masih dalam proses.

“Mungkin menunggu anggaran perubahan penyalurannya. Tidak bisa segera. Itu saja intinya,” jelasnya singkat

Terpisah. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Banjarmasin, Edy Wibowo menjanjikan, bahwa bantuan bagi warga Isoman dari pihaknya bakal disalurkan pada Senin (11/08) nanti

“Kita bagikan ke daerah Kecamatan Banjarmasin Barat,” tulisnya melalui pesan Whatsapp

Ia menerangkan, telah menyiapkan sebanyak 1.000 paket sembako untuk warga Isoman. Meskipun dari yang diterima pihaknya dari Dinas Kesehatan hanya sekitar 7.00 orang warga Isoman.

“1.000 paket sementara sesuai data dari dinkes ada 700. Ini diambil dari Biaya Tak Terduga (BTT),” tutupnya.

Sebelumnya diwartakan, BPBD Kota Banjarmasin akan memberikan bantuan paket sembako yang diantaranya berisi 10 Kilogram beras, mie instan dan vitamin. Totalnya senilai Rp150 ribu per paket.

Sasaran yang akan menerima bantuan paket sembako sendiri telah diverifikasi di tingkat kecamatan. Karena tidak semua warga yang menjalani isoman adalah warga Banjarmasin. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya