Bekantan Tersesat Dalam Masjid Berhasil Diselamatkan

Berita Lainnya

Bupati Lepas Relawan KNPI Menuju Katingan

1 dari 656

Martapura, KP – Unik dan langka, seekor Bekantan, tiba-tiba masuk kedalam masjid dan menaiki bagian dalam kubahnya. Hewan yang sangat dilindungi ini terlihat tidak bisa turun.
Kejadian yang menarik perhatian masyarakat tersebut, bertempat di sebuah masjid di Jalan Kampung Baru, Desa Sungai Bakung RT 01 Kecamatan, Sungai Tabuk, Rabu (4/8) kemarin.
Menerima laporan sekitar pukul 17:53 WITA via telepon, pihak UPT Damkar langsung bertindak cepat mendatangi lokasi untuk penyelamatan hewan dengan nama latin Nasalis Larvatus tersebut.
”Kami langsung mengerahkan 3 orang petugas Damkar ke lokasi,” kata Kepala UPT Damkar Banjar Gusti Yudhi, kepada KP, Kamis (5/8)
Dikatakan Yudhi, setelah menerima laporan warga, petugas berkoordinasi dengan pihak pengelola Masjid Al-Kautsar dan disarankan untuk penanganan dilakukan setelah jamaah selesai shalat Isya’.
”Karena tidak bisa turun sendiri, kita putuskan penyelamatan. Petugas dibantu dr Hewan dari Banjarmasin menyiapkan obat bius, lalu bersama BPBD Kota Banjarmasin menyiapkan jaring pengaman pada Bekantan yang menggantung di kubah masjid tersebut,” katanya.
Setelah itu Bekantan dibawa ke klinik dokter hewan untuk pemeriksaan kondisi dan observasi 1 x 24 jam, apabila dinyatakan dalam kondisi baik, selanjutnya diserahkan ke pihak BKSDA.
”Penanganan sendiri rampung sekitar pukul 19.30 WITA dalam kondisi aman,” kata Yudi.
Yudhi menambahkan, info terkini dari Medik Veteriner (Koordinator Lapangan) drh Annang Dwijatmiko dari Dinas Peternakan Bidang Kesehatan Hewan Kota Banjarmasin yang membantu pembiusan, Bekantan ini berjenis betina ini berusia remaja dan dalam kondisi sehat.
Lalu dilakukan pemulihan trauma dan proses observasi lanjutan, apabila hasil observasi dokter hewan dinyatakan siap, maka diserahkan ke BKSDA untuk perlakuan lanjutan guna masa penyiapan pelepasan liar kembali.
”Info terkini BKSDA, Bekantan sudah dilepas ke habitatnya di Pulau Bakut Banjarmasin,” demikian Yudhi. (Wan/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya