Ketua PKK HSS Buka Diklat Penguatan Kurikulum 2013 PAUD

Kandangan, KP – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan kurikulum 2013 (K13), bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Diklat secara daring itu, dibuka Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah, Kamis (12/8/2021) dari Sekretariat TP PKK HSS. Turut didampingi Wakil Ketua TP PKK Srie Astuti.

Pelaksanaan Diklat pada 12, 13, 14 dan 16 Agustus 2021, dan diikuti peserta berjumlah 110 orang, terdiri 53 orang pendidik dan tenaga kependidikan Taman Kanak-kanak (TK), dan 57 orang pendidik dan tenaga kependidikan Kelompok Bermain (KB).

Kepala Disdikbud Kabupaten HSS Siti Erma menerangkan, Diklat tersebut dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

Adanya Diklat itu harapnya, pendidik dan tenaga kependidikan PAUD mampu menerapkan kurikulum 2013, dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah agar menjadi lebih baik.

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Isnaniah menuturkan, PAUD harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik. Tujuannya, agar di masa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh, sehingga akan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. 

Berita Lainnya
1 dari 572

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan, dalam rangka pengembangan potensi anak adalah dengan program pendidikan yang terstruktur, di mana salah satu komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum,” jelas Isnaniah yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten HSS itu.

Isnaniah mengatakan, kurikulum PAUD 2013 dibuat dengan tujuan mendorong perkembangan peserta didik secara optimal. Sehingga memberi dasar untuk menjadi manusia Indonesia, yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. ucapnya.

Isnaniah menyambut baik, terlaksananya Diklat penguatan kurikulum 2013 itu. 

Ia berharap, kegiatan itu dapat memberi manfaat dan meningkatkan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, terkait penguatan kurikulum 2013 di tingkat PAUD agar nantinya dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Pada kesempatan itu, Isnaniah mengingatkan agar kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, sehingga diperlukan peran aktif kita semua untuk bersama-sama mengatasinya. Mari kita dukung bersama program pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna memutus rantai penularan Covid-19,” pungkas isteri dari Bupati HSS Achmad Fikry itu. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya