Lebih Seribu Vial Vaksin Moderna Tiba di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Bukan jenis Sinovac dan Astrazeneca, Pemerintah Kota Banjarmasin kini mendatangkan jenis vaksin berbeda dari sebelumnya. Yakni jenis Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi membeberkan, pihaknya menerima sebanyak 1.180 vaksin jenis Moderna pada Rabu (11/08) tadi malam.

“Sudah datang, kira-kira sampai jam 11 malam kita pantau kemarin malam itu,” ungkapnya saat ditemui awak media di sela pemantauan gedung BBPPKS Banjarmasin, di Jalan Batu Besar, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kamis (12/08).

Menurutnya, seluruh vaksin tersebut nantinya bakal diperuntukan untuk masyarakat umum dan tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Banjarmasin untuk vaksinasi dosis pertama.

“Kita prioritaskan untuk masyarakat umum dosis pertama, dan ingat ini gratis,” ucap mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum itu.

Untuk 1 vial, vaksin asal negeri Paman Sam tersebut dapat memvaksin sebanyak 14 orang.

Menurutnya, vaksin Moderna sama saja dengan Sinovac yang memiliki kemampuan untuk membentuk antibodi pada tubuh manusia.

Berita Lainnya
1 dari 4

“Namun, efekasi Moderna memang lebih tinggi pada Sinovac. Ini bagus sekali untuk masyarakat,” tuturnya.

Dilanjutkan Machli, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin dosis pertama tersebut, bisa dengan hanya menunjukan KTP di Puskesmas sesuai domisili.

“Hanya modal e-KTP vaksin ini bisa disuntikkan kepada warga. Yang pasti ini untuk warga yang memang belum bervaksin atau dosis pertama,” imbuhnya.

Lantas kapan vaksin jenis Moderna ini bisa disalurkan ke setiap Puskesmas?

Terkait hal itu, Machli tidak menjelaskan kapan vaksin tersebut akan mulai didistribusikan ke Puskesmas.

“Secepatnya akan kita salurkan ini. Karena dengan semakin cepat disalurkan maka kita berharap semakin cepat juga herd immunity ini bisa terbentuk,” pungkasnya.

Disamping itu, Machli mengaku bahwa pihaknya bakal membuat aplikasi pendaftaran untuk penerima vaksin agar mengurangi kerumunan di Puskesmas.

“Sesegeranya nanti kita akan distribusikan ke Puskesmas. Dan kita minta bantuan IT juga untuk membuat aplikasi pendaftaran dengan memasukan KTP warga domisili Banjarmasin,” tutupnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya