Paskibraka Dilatih Bukan Hanya Untuk Seremonial

Pelaihari, KP – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bukan sekedar kumpulan putra-putri bangsa yang hanya dilatih untuk acara seremonial pengibaran bendera saja, namun sikap disiplin dan karakter cinta tanah air nya juga hendaknya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Harapan tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta saat mengukuhkan 39 anggota Paskibraka Tala Tahun 2021 di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Minggu (15/8/2021).

“Menjadi anggota Paskibraka adalah kebanggaan, salah satu wujud cinta tanah air, dan sikap meneladani para pejuang terdahulu. Saya harap sikap tersebut tidak hanya ditampilkan saat bertugas, namun juga menjadi karakter yang melekat dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Jadilah contoh dan teladan yang baik bagi generasi muda selanjutnya”, ujar Sukamta.

39 Anggota Paskibraka Tala yang baru saja dikukuhkan akan bertugas pada Upacara Peringatan Ke-76 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa 17 Agustus 2021 mendatang di Halaman Kantor Bupati Tala. Paskibraka Tala yang bertugas akan dibagi menjadi dua pasukan, yaitu pasukan pengibaran bendera pagi dan pasukan penurunan bendera pada sore harinya. Mereka adalah putra-putri pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat dari 11 kecamatan se-Tala yang telah melalui serangkaian tes dan seleksi oleh panitia dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tala.

Berita Lainnya
1 dari 482

Dalam kesempatan itu Sukamta juga mengungkapkan rasa bangganya terhadap putra-putri Tala yang terus aktif mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti Paskibraka. Kegiatan positif seperti itulah yang diperlukan generasi penerus Tala agar kuat dan tangguh dalam menghadapi segala tantangan zaman dimasa yang akan datang.

“Selamat bertugas, berbangga dan berbahagialah karena telah terpilih sebagai anggota Paskibraka Tala. Momen sakral pengibaran bendera pada 17 Agustus nanti akan menjadi sejarah bagi adik-adik sekalian, sekaligus motivasi untuk terus melangkah maju, berproses menjadi generasi penerus Tala yang lebih baik”, pungkas Sukamta.

Acara pengukuhan tersebut turut disaksikan Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Dr. Rima Agristina, SH, SE, MM dan Direktur Pengendalian BPIP RI Mukhammad Fahrurozi, S.Sos, M.Si secara virtual, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli, anggota DPRD Tala, dan Kepala Dispora Tala Hj Lutfiati Uyun beserta jajaran Dispora Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya