Pj Gubernur Kalsel Kunjungi Desa Ekowisata Pulantani

FOTO BERSAMA. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Pj Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA mengunjungi Ekowisata Swargaloka Desa pulantani Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

Dalam kunjungannya ke Kabupaten HSU belum lama tadi tersebut PJ Gubernur beserta Pj Ketua PKK Provinsi Kalsel didampingi Bupati HSU Drs H Abdul Wahid MM MSi susur Sungai Awang Rawa Gambut dan Lokasi Kerajinan Desa Ekowisata tersebut. 

Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Syafrizal ZA mengungkapkan, Ekowisata Swargaloka adalah program bagaimana mengkonservasi lahan gambut atau rawa menjadi pemanfaatan secara ekonomis bagi masyarakat.

“Rawa gambut ini adalah khas HSU, oleh karenanya jangan dialih fungsikan karena sangat bermanfaat sebagai penahan air dan juga harus terus dikembangkan,” ungkapnya. 

Menurut Syafrizal susur sungai ini eksentrik dan unik. Diharapkan

Berita Lainnya

Pelamar Formasi PPPK Guru di HSU 448 Orang

1 dari 383

 setiap tahunnya perlu ditingkatkan dengan diadakannya event-event serta inovasi tambahan sehingga memperkenalkan bagaimana cara menjaga rawa gambut agar tetap eksis serta tetap terlindungi dan bisa juga dirasakan manfaat ekonominya.

“Dengan adanya rawa gambut ini bisa dimanfaatkan baik dari segi wisata, bagi sarana transportasi dan bagi para pengrajin anyaman purun sehingga mudah mendapatkan bahan baku yang tidak terbatas,” ucap syafrizal.

Lebih lanjut ia berharap pemanfataan lahan rawa gambut salah satunya ekowisata swargaloka ini dapat konsisten yang dibantu oleh Pemerintah Daerah dan Provinsi yang nantinya akan memberikan program konservasi rawa gambut ini.

Safrijal menambahkan bahwa selanjut terus kita menyampaikan kepada publik bahwa di desa ini terdapat wisata yang bisa dinikmati unik dan menarik. 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon secara simbolis dalam rangka memperingati HUT KNPI bersama Forum Komunitas Hijau dan sebelumnya dilaksanakan penyerahan bantuan tas siaga bencana kepada desa rawan bencana, bahan makanan bergizi untuk ibu hamil dan balita dalam rangka pencegahan stunting serta penyerahan sembako kepada lansia, disabilitas dan masyarakat yang terdampak covid-19 dimess nagara dipa. (nov/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya