Seratus Rumah di Balangan Dapat Bantuan Perbaikan

BANTUAN – Perbaikan rumah kepada salah satu warga diserahkan Anggota DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda. (KP/Ist)

Paringin, KP – Sebanyak 100 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Balangan menerima dana Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Total dana yang disalurkan untuk program yang dikenal dengan istilah bedah rumah di Kabupaten Balangan adalah Rp 20 juta per unit rumah.

“Pada tahun 2021 ini Kabupaten Balangan mendapatkan alokasi Program BSPS dari Kementerian PUPR untuk 100 RTLH,” ujar Wahyono dari Kementerian PUPR, Rabu (04/08/2021) kemarin.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Balangan H Supiani, HM Rifqinizamy Karsayuda anggota DPR RI Dapil Kalsel,

Kepala Dinas Perkim Balangan Akhriani, beberapa Kepala SKPD dan camat serta Kepala Desa.

Wakil Bupati Balangan, H Supiani menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Kabupaten Balangan.

“Terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada bapak HM Rifqinizamy Karsayuda selaku Anggota DPR RI yang telah memperjuangkan kepentingan kita dan BSPS yang kita serahkan pada hari ini adalah berkat perjuangan beliau,” ucapnya.

Supiani juga berharap Kementerian PUPR ke depan dapat memberikan lebih banyak bantuan Program BSPS di daerahnya. Hal itu dikarenakan masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran desa masih banyak tinggal di rumah yang tidak layak huni.

“Mudah mudahan kedepannya Kementerian PUPR bisa lebih banyak lagi menyalurkan bantuan prgram BSPS ke Balangan dan bukan hanya bantuan itu saja tapi juga bantuan infrastruktur lainnya seperti perbaikan jalan dan jembatan,” imbuh wabup.

Berita Lainnya

Lagi, Wabup Lantik Puluhan Pejabat Struktural

1 dari 527

Sementara, HM Rifqinizamy Karsayuda anggota DPR RI Dapil Kalsel mengungkapkan, bantuan untuk 100 unit rumah yang diserahkan melalui program BSPS di Kabupaten Balangan dengan nilai Rp. 20 juta per rumah ini untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Dikatakan Rifqinizamy agar kiranya bantuan ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman. Karena tidak semua Kabupaten/Kota se-Kalsel bisa mendapatkan bantuan tersebut.

“Kita patut berterima kasih kepada Kementerian PUPR terutama dari Ditjen Perumahan yang menjadi fasilitator serta penyalur dana dari program ini. Kepada masyarakat saya minta untuk menggunakan dana ini dengan tepat guna dan tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Dinas Perkim Balangan Akhriani mengatakan salah satu lokasi pelaksanaan yang menerima program BSPS ini adalah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Balangan.

“Alhamdulillah kita Balangan dapat bantuan program BSPS dari Kementerian PUPR sebanyak 100 unit walaupun lebih sedikit dari yang kita usulkan,” terangnya.

Penyerahan ini dilakukan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Juai, Paringin, dan Batumandi.

Menurutnya, program BSPS ini merupakan salah satu langkah hidup bersih dalam upaya cegah tertularnya Covid-19, di antaranya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan tinggal di rumah layak huni.

“Semoga kedepan walaupun kondisi seperti ini minimal Kabupaten Balangan ada penambahan untuk tahun yang akan datang,” harapnya lagi.

Disebutkannya, di Kalsel yang di bagikan oleh pusat hanya dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Balangan, karena prestasi kita dalam melaksanakan realisasi di lapangan dan tidak ada masalah.

Terpisah,warga penerima manfaat bantuan Program BSPS menyatakan sangat berterimakasih karena rumahnya akan ditingkatkan kualitasnya.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR, yang telah memberikan bantuan perbaikan rumah. Dulu rumah kami hanya beratap rumbia, berlantai papan sekarang jadi lebih layak huni,” ujarnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya