Dislutkan Tindaklanjuti Gagasan Gubernur Budidayakan Ikan Lokal di Danau Sadar

Di Desa Danau Sadar sudah ada cikal bakal budidaya ikan lokal, yakni berupa keramba dengan komoditas ikan jelawat dan ikan toman namun masih secara tradisional. Bila dikelola lebih baik, nantinya dapat meningkatkan pendapatan daerah dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


BUNTOK, KP — Dalam rangka percepatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan, Gubernur Kalimantan Tengah saat ini terus lakukan terobosan Program Pengembangan Budidaya Ikan Lokal Danau Sadar di Barit Selatan, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.

Menindaklanjuti program yang digagas Gubernur tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Prov. Kalteng, H. Darliansjah melakukan kunjungan ke lokasi usaha budidaya ikan lokal di Desa Danau Sadar, Senin (30/8), didampingi pejabat terkait setempat.

Darliansyah mengungkapkan melalui usaha bididaya ikan lokal ini nantinya dapat meningkatkan pendapatan daerah dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Di Desa Danau Sadar tersebut diketahui sudah ada cikal bakal budidaya ikan lokal, yakni berupa budidaya ikan keramba dengan komoditas ikan jelawat dan ikan toman namun masih secara tradisional.

Berita Lainnya

Desa Diminta Bagun Rumah Panggung

Kalteng Masih Waspada Banjir

1 dari 612

Desa Danau Sadar yang merupakan salah satu potensi di Kabupaten Barito Selatan memiliki kondisi wilayah, topografi dan sumber daya alam yang sangat layak untuk dikembangkan. Usaha warga sudah sejak lama, melibatkan 80 kepala keluarga (KK).

Diakui kendala yang dihadapi, sulitnya benih didapat menyebabkan sebagian masyarakat bukan lagi pembudidaya tetap. Sehingga perlu program terobosan pengembangan pembibitan, toman dan ikan jelawat di lokasi itu sangat dibutuhkan.

Dengan upaya itu diharapkan dapat menciptakan budidaya ikan dan ekonomi kreatif yang mampu menjadi tambahan sumber penghasilan masyarakat di Kalteng.

Pengembangan yang diharapkan nantinya juga didukung oleh Pemerintah Daerah setempat, sangat memungkinkan menjadi kawasan budidaya ikan lokal dengan skala besar, berupa keramba-keramba konvensional berbahan HDPE dengan berbagai fasilitas penunjang, dan diharapkan “dapat menjadi kawasan minawisata yang juga terintegrasi dengan olahraga dayung,” ujar Darliansjah.

Pada kunjungan tersebut tim Dislutkan Prov. Kalteng didampingi oleh tim DKPP Kabupaten Barito Selatan, juga berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan untuk memantapkan langkah-langkah yang akan disiapkan dalam rangka mewujudkan program pengembangan ikan lokal yang digagas oleh H. Sugianto Sabran. (drt/k-10).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya