Dispersip HSU Ikuti Perkembangan Teknologi Dalam Pelayanan

BIMTEK - Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya meningkatkan pelayanan yang mudah dan cepat seiring dengan smakin meningkatkan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan serta pelestarian koleksi yang berada di perpustakaan, belum lama tadi gelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi.

Kegiatan diikuti Pustaka se Kabupaten HSU mulai dari Pengelola Pustakawan Daerah, Pustakawan Desa dan Pustakawan Sekolah/Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudhah, dalam sambutannya mengatakan di era teknologi yang semakin pesat berkembang, perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan akurat.

Menerutnya, perkembangan teknologi informasi sudah sewajarnya dapat diterapkan dalam pelayanan perpustakaan agar mudah, efektif dan cepat dalam pelayanan terbaik.

Berita Lainnya

Pendidikan PAUD Perlu Terus Dilakukan

Harga Jual Bibit Itik Alabio Anjlok

1 dari 384

Kemajuan teknologi informasi sekarang mempermudah dalam memberikan pelayanan, dimana para pustakawan cukup dengan menggunakan elektronik aplikasi atau website dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Berbagai fitur aplikasi media elektronik sekarang sudah berkembang sedemikian rupa, untuk memudahkan masyarakar dalam mengakses informasi diantaranya, jurnal-jurnal elektronik dan aplikasi perpustakaan nasional yang dapat dinikmati cukup dalam genggaman (handphone)”, ungkap Kadispersip.

Lebih lanjut, standar nasional perpustakaan bagi perpustakaan umum sekolah dan khusus mensyaratkan untuk memanfaatkan sarana komputer dalam membangun e-Library sebagai perpustakaan digital dan kepentingan pelayanan akses informasi.

Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini nantinya pengelola perpustakaan dapat menerapkan teknologi informasi di perpustakaan mereka masing-masing.

“Tentunya agar dapat memudahkan pekerjaan-pekerjaan segala di perpustakaan, baik di perpustakaan perguruan tinggi, sekolah, kecamatan maupun perpustakaan desa.”lanjutnya.

Kadispersip menambahkan, perpustakaan sebegai pusat informasi yang memanfaatkan berbagai media informasi dan pustakawan atau pengelola perpustakaan sebagai jembatan pemustaka. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya