Dukung Program Ekowisata Berkelanjutan, Pertamina Raih Penghargaan Nusantara CSR Awards 2021

Banjarmasin, KP – Program Ekowisata Berkelanjutan Mangrove Rambai Center dan Konservasi Bekantan Desa Anjir Sarapat Muara yang dirintis sejak tahun 2019, dengan focus kegiatan sosialisasi edukasi kepada masyarakat dan penanaman mangrove.

Dan, hingga saat ini program dikembangkan melalui pendekatan Ekowisata untuk menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Salah satunya adalah dengan terbentuknya Kelompok Nelayan Peduli Lingkungan dan Pembangunan Mangrove Rambai Information Center sebagai tempat kegiatan masyarakat serta beberapa kegaiatn lain yang mendukung program wisata berkelanjutan.

Keberhasilan program juga tidak lepas dari dukungan stakeholder setempat, seperti Amalia Rezeki sebagai ketua Yayasan Sahabat Bekantan Indoneisa dan Jali Rahman selaku Kepala Desa Anjir Serapat Muara, sebagai penggerak program yang senantiasa mendampingi sejak awal program.

Hingga saat ini Pertamina bersama kelompok binaan dan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia telah melakukan penanaman 4.000 bibit pohon mangrove yang menambah luas tutupan lahan menjadi 4 Ha, yang digunakan sebagai tempat kunjungan Summer Course mahasiswi dan akademisi dalam dan luar negeri, menjadi tempat penelitian Bekantan dan Ekosistem Lahan Basah, serta terbentuknya 1 Kelompok Nelayan dan 3 Kelompok Sadar Wisata,

Atas berbagai dukungan dan dampak positif yang diberikan kepada lingkungan dan masyarakat sekitar, pada ajang Nusantara CSR Award 2021 yang digelar oleh The La Thofi School of CSR, Integrated Terminal Banjarmasin mendapat penghargaan untuk kategori Pengembangan Desa Wisata.

Berita Lainnya
1 dari 2

Penghargaan diserahkan langsung oleh pengagagas Nusantara CSR Award 2021 yaitu Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Rabu (15/9/2021). Turut hadir pada saat acara Vice President CSR PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita.

Nusantara CSR Awards yang diluncurkan sejak 2009 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan maupun perseorangan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas atau berprestasi dan berjasa bagi lingkungan sekitar.

Arya, pada kegiatan yang sama mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih oleh Pertamina.

Hal ini menunjukkan komitmen penuh dari Pertamina untuk tidak hanya mengemban tugas mulia untuk menyalurkan energi hingga ke pelosok negeri tetapi juga tetap menjalankan tugas dan kewajibannya dalam hal TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan).

Dan, Pertamina sendiri meraih penghargaan Best of The Best CSR of The Year 2021 dan Best CEO of The Year 2021.

Susanto August Satria, Area Manager Comm., Rel & CSR Kalimantan juga menjelaskan, bahwa tidak hanya program CSR saja yang dilaksanakan oleh Pertamina, tetapi juga ada program kemitraan di mana kita membantu para UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

“Selain mendapatkan pinjaman modal, Pertamina juga akan memberikan pelatihan sesuai dengan bidang usahanya dan juga mendapatkan kesempatan berpartisipasi pada pameran tingkat lokal, nasional, maupun internasional,” imbuhnya. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya