Pembinaan Personal Hygiene di SLB-C Negeri Pembina

Banjarbaru, KP – Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Kedokteran Program Sarjana (PSKPS) Fakultas Kedokteran (FK) ULM lewat Program Kemitraan Masyarakat dengan pendanaan PNBP ULM tahun ini, mengusung tema ”kebersihan diri pada anak tunagrahita”, bermitra dengan SLB-C Negeri Pembina Landasan Ulin Barat Banjarbaru.

Kegiatan oleh tim dosen FK ULM tersebut diketuai dr H Mohammad Bakhriansyah MKes MMed Ed MSc PhD didampingi dr Pandji Winata Nurikhwan M Pd Ked dan Hadrianti HD Lasari SKM MPH. Adapun mitra SLB-C Negeri diwakili Pembina Sihadi SPd.

”Kami terus berupaya melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satunya lewat kegiatan bertema personal hygiene pada SDL, Kamis (23/9) di Landasan Ulin Barat,” kata dr Panji, kepada KP, Senin (27/9).

Menurutnya, masa pandemi Covid sekarang, kesehatan semakin sulit diakses, berdampak juga bagi banyak orang, termasuk anak-anak Sindrom Down. Adanya Covid-19 sangat dirasakan dampaknya pada tunagrahita di Banjarbaru yang memiliki masalah perkembangan.

Berita Lainnya
1 dari 717

”Sekarang bagaimana memberikan prioritas kesehatan bagi tunagrahita dan layanan pendidikan berkualitas. Mereka membutuhkan pendampingan terkait masalah tersebut,” katanya.

Pada kegiatan pekan keempat September ini, juga diadakan seminar di SLB-C Negeri Pembina dengan protokol kesehatan ketat. Berbagai materi dipaparkan, mulai kebersihan diri dan sharing bersama dr Elma Rusida. Setelah pemaparan materi, dilakukan pengerjaan posttest oleh 53 peserta.

”Mayoritas peserta mulai memahami kebersihan diri dan beberapa lainnya perlu di dampingi untuk mengerjakan soal postest,” katanya.

Dia pun berharap sinergitas ini terus berlanjut, berkembang serta lebih banyak lagi interaksi akademisi, masyarakat dan stakeholder terkait yang terlibat aktif untuk menjadi bagian upaya bersama kepedulian pentingnya kebersihan diri. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya