Penerima Bansos di HSS Wajib Ikut Vaksinasi Covid-19 

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaksanakan rapat terkait vaksinasi bagi masyarakat penerima bantuan sosial (Bansos), Jumat (10/9/2021) di Aula Rakat Mufakat, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten HSS. 

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Muhammad Noor itu, diikuti Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Nordiansyah, Kepala Dinas Kesehatan dr Siti Zainab, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Susilo Adianto, para Camat, Kepala Desa, dan pendamping bantuan sosial.

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor menjelaskan, dalam rangka percepatan dan tertibnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19, maka diperlukan adanya komunikasi dan sinkronisasi yang baik antar penyelenggara di lapangan. 

Hasil rapat itu ungkapnya, telah disepakati beberapa kesimpulan. Yakni, semua penerima Bansos dari APBD maupun dana desa wajib mengikuti vaksinasi Covid-19. Bagi yang menolak vaksinasi, diancam akan ditunda atau dihentikan penyaluran Bansosnya. 

Sedangkan yang tidak lulus skrining vaksinasi, akan tetap diberikan Bansos.

Pemkab HSS melalui Dinsos, juga akan mengawal dan mengimbau vaksinasi, bagi penerima Bansos dari pemerintah pusat.

Berita Lainnya
1 dari 572

Ia mengatakan, bagi yang tidak bersedia divaksin akan diusulkan ke Kemensos RI untuk penghentian penyaluran Bansosnya.

Ia berharap, hasil kesepakatan pihaknya itu bisa meningkatkan target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten HSS.

“Karena tujuan dari vaksinasi ini untuk menyehatkan masyarakat semua, agar terbentuk imunitas tubuh masing-masing pribadi di masyarakat, sehingga bisa menghindari Covid-19,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan HSS dr Siti Zainab menambahkan, bagi masyarakat yang tidak lolos skrining vaksinasi, maka akan mendapatkan surat pemberitahuan dari Puskesmas.

Surat pemberitahuan tersebut berlaku selama 28 hari. Selanjutnya, yang bersangkutan harus periksa lagi ke dokter spesialis, sampai mendapatkan rekomendasi yang menyatakan siap divaksin. 

“Apabila yang bersangkutan sudah mendapatkan rekomendasi siap divaksin, maka Dinas Kesehatan akan siap memberikan vaksinasi pada yang bersangkutan,” terangnya. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya