Warga Tala Terima Sertifikat Hak Atas Tanah

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) terus berupaya untuk melegalkan setiap bidang tanah milik masyarakat maupun instansi yang ada di Kabupaten Tala.

Hal ini terbukti dengan diberikannya Sertifikat Hak Atas Tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penyerahan Sertifikat aset Pemkab Tala, aset Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tala, aset desa, dan tanah nelayan tahun 2021 ini diselenggarakan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tala pada Selasa (7/9/2021).

Kepala BPN Tala menyerahkan Sertipikat Hak Atas Tanah sebanyak 90 bidang terdiri dari sertifikat Pemkab Tala sebanyak 32 bidang yang diterimakan oleh Bupati Tala, Sertipikat Kemenag sebanyak satu bidang yang diterima oleh Kepala Kantor Kemenag Tala, selanjutnya aset Desa Asam Jaya sebanyak lima bidang dan aset Desa Pemuda sebanyak dua bidang diserahkan oleh Bupati Tanah Laut kepada perwakilan Desa Asam Jaya dan perwakilan Desa Pemuda.

Sementara untuk sertipikat tanah nelayan sebanyak 50 bidang terdiri dari Desa Tanjung Dewa sebanyak 33 bidang dan Desa Batakan sebanyak 17 bidang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tala kepada empat orang perwakilan dari Desa Tanjung Dewa dan Desa Batakan.

Bupati Tala yang ditemui seusai acara menyampaikan bahwa sertifikat yang sudah diserahkan kepada warga penerima agar bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Berita Lainnya

DPRD Kembali Gelar Dua Agenda Paripurna

Pemkab Gelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

1 dari 483

Menurutnya ini adalah amanah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang meminta pemerintah daerah ikut mendorong penyelesaian sertifikat tanah milik masyarakat.

Lebih lanjut Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Kantor Pertanahan Tala dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Kalimantan Selatan karena sudah menyelesaikan sertifikat aset milik Pemkab Tala, aset Kantor Kemenag Tala, aset Pemerintah Desa Pemuda dan Asam Jaya serta sertifikat tanah milik para nelayan.

“Sertipikat yang diberikan ini memang untuk melegalkan, syukur-syukur jika dipergunakan untuk pengembangan usaha kedepannya,” ujar Sukamta.

Dikesempatan yang sama warga Desa Tanjung Dewa H. Ahmad menyampaikan rasa gembiranya bisa mendapatkan sertipikat tanah gratis dari Pemkab Tala.

“Senang sekali bisa mendapatkan sertipikat gratis ini, karena kalau mengurus sendiri kan lumayan rumit juga membutuhkan biaya yang cukup mahal,” ujar H. Ahmad. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya