Damkar Banjar Ikut Pelatihan Tangani Ular

Martapura, KP – Sejumlah anggota Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Banjar siap mengikuti kegiatan Basic Training Muscle (BTM) Pelatihan Penanganan Ular yang diselenggarakan Yayasan Sioux Ular Indonesia, di Kota Banjarmasin, Minggu (10/10) besok.

Kepala UPT Damkar Banjar Gusti Yudhi mengatakan, untuk pelatihan tersebut pihaknya mengirimkan lima anggotanya, yakni empat orang dari Mako Damkar dan satu orang dari pos sektor Gambut.

Pelatihan tersebut berdasarkan surat undangan dari Yayasan Sioux Ular Indonesia yang ditujukan kepada BPBD, Satpol PP dan Damkar di seluruh Kalsel dengan Nomor 024/B/SIOUX/2021.

“Kegiatannya bertempat di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 675

Menurutnya, untuk UPT Damkar Banjar, kesempatan ini menjadi momentum yang sangat baik, apalagi kegiatan dilaksanakan di Kota Banjarmasin, sehingga biaya fasilitasi anggota menjadi lebih murah.

Terkait evakuasi ular yang dilakukan UPT Damkar Banjar, sangat sering dilakukan atas laporan dan permintaan masyarakat. Selama ini berbagai jenis ular dan hewan berbahaya lainnya berhasil dievakuasi setelah memasuki rumah warga.

“Kendati demikian anggota tetap saja harus ditambah wawasannya dengan mengikuti pelatihan tersebut,” tandasnya.

Menurutnya, lewat pelatihan ini, legalitas dan kompetensi anggota menjadi terakui melalui sertifikat kompetensi yang akan mereka dapat dari panitia penyelenggara.

“Kami harap, langkah ini menjamin anggota untuk bekerja baik sesuai SOP, agar efektif, efisien dan safety. Karena kemanapun dan apapun giat operasi rescue yang kami laksanakan, tentu dengan membawa nama baik Pemkab Banjar,” pungkasnya. (wan/K-7)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya