Dukung Zero ODOL, Dishub Sosialisasikan Standar Bak Kendaraan

Tanjung, KP – Zero Over Dimensi Overload (ODOL), yang merupakan program Kementerian Perhubungan RI di Tahun 2023 mendatang Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabalong lakukan sosialisasi standarisasi bak dimensi kendaraan bermotor.

Kepala Dishub Kabupaten Tabalong Tumbur P Manalu mengungkapkan bahwa sosialisasi Odol yang dilakukan belum lama tadi tersebut menggandeng Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tabalong mendatangi dua dealer motor di wilayah Murung Pudak.

“Sebelumnya sosialisasi ini sudah kita laksanakan secara internal, kemudian hari ini dilanjutkan dengan mensosialisasikan ke eksternal, yaitu ke dealer-dealer ataupun ke bengkel-bengkel,” ujarnya.

Berita Lainnya

Komisi IV Dorong Minat Baca

Bendungan Kinarum Rampung Desember 2021

1 dari 292

“Disini kita berikan secara cuma-cuma banner mengenai standarisasi kendaraan bermotor khususnya roda enam dan diharapkan pemilik dealer maupun calon konsumen dapat berpartisipasi dalam menyongsong Zero Odol. Apabila calon konsumen ingin memesan atau membeli unit kendaraan jenis truk atau roda enam itu bisa memenuhi ketentuan aturan yang sudah ditetapkan,” harap Tumbur.

Diungkapkan Tumbur, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan para pemilik usaha terkait penyampaian informasi lebih dalam terkait Zero Odol. “Kita akan mengundang kembali para pemilik usaha baik dealer atau sejenisnya untuk kita jelaskan lagi secara teknis ukuran dimensi bak yang standar,” demikian ucap Tumbur.

Sementara itu, Kepala UPTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Tabalong, Makarius Djatmiko menyampaikan standar untuk PS dump truk tinggi baknya hanya 0,7 meter sedangkan light truk yang bukan dump truk itu bisa 1,2 meter.

“Kenapa standarnya seperti ini, karena cenderung angkutan kendaraan tersebut adalah angkutan barang curah seperti semen, batu dan sebagainya, barang curah itu mempunyai berat jenis tinggi, tapi kalau untuk kendaraan box itu lebih tinggi karena cenderung mengangkut barang dengan berat jenis ringan,” demikian pungkas Kepala UPTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Tabalong ini. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya