Jelang Pancaroba, BPBD Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Paringin, KP – Terkait dengan cuaca ekstrem ini, masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Seperti banjir, angin kencang, hingga kebakaran lahan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, H Rahmi mengatakan, pihaknya juga telah mendapat arahan BNPB. Maupun BPBD Provinsi Kalsel, agar seluruh personel yang bertugas menangani bencana, tetap siap siaga.

“Mari persiapkan diri kita supaya begitu banjir melanda, kita bisa menyiapkan segala sesuatunya sehingga kita bisa meminimalisasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir,” ujar Rahmi, baru baru tadi.

Menurutnya, masyarakat di wilayah-wilayah dekat dengan sungai-sungai, baik di bagian hulu, hingga hilir serta wilayah berpotensi banjir untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Berita Lainnya

DPRD Balangan Dukung Vaksinasi Pelajar

1 dari 550

Disebutkannya, salah satu ciri umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat.

“Pada pagi hingga siang umumnya cerah-berawan dengan kondisi panas cukup terik yang diikuti dengan pembentukan awan yang signifikan dan hujan intensitas tinggi dalam durasi singkat secara umum dapat terjadi pada periode siang hingga sore hari,” katanya.

Diketahui, bahwa daerah-daerah yang sering jadi langganan rawan bencana adalah Kecamatan Juai dan sekitarnya serta daerah hilir yaitu Kecamatan Lampihong.

“Sehingga harus segera persiapkan posko disana,” pungkas Rahmi. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya