Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Operasi Pangan Gratis, Solusi ACT Kalsel Bantu Warga Miskin

×

Operasi Pangan Gratis, Solusi ACT Kalsel Bantu Warga Miskin

Sebarkan artikel ini
PANGAN GRATIS - Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggalakkan Operasi Pangan Gratis (OPG) dan Operasi Pangan Murah (OPM). Program ini sendiri diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia dan bertepatan dengan momentum Hari Pangandaran Sedunia (HPS). (Istimewa)

“Aksi OPG dilaksanakan serentak di lima kabupaten dan kota di Kalsel. Tercatat, ada 1.179 jiwa yang mendapatkan manfaat dari aksi OPG kali ini,” kata Ratih

BANJARMASIN, KP – Dampak pandemi yang berlanjut, berimbas pada masyarakat pra sejahtera yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Android

Apalagi, di momentum Hari Pangan Sedunia (HPS) yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober, masih banyak masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangannya.

Menjawab problematika ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggalakkan Operasi Pangan Gratis (OPG) dan Operasi Pangan Murah (OPM). Program ini sendiri diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia dan bertepatan dengan momentum HPS.

Di Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri, aksi OPG dilaksanakan di Kantor Cabang ACT Kalsel sejak Jumat (15/10/2021). Di mana, sasaran dari aksi ini adalah masyarakat pra sejahtera maupun pekerja harian yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan di rumahnya.

Menurut Ratih Ayu, Staf Program ACT Kalsel, aksi OPG ini menyasar masyarakat kalangan pra sejahtera maupun pekerja harian. Selain di Kota Banjarmasin, aksi Operasi Pangan Gratis juga digalakkan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Aksi OPG dilaksanakan serentak di lima kabupaten dan kota di Kalsel. Tercatat, ada 1.179 jiwa yang mendapatkan manfaat dari aksi OPG kali ini,” kata Ratih di Banjarmasin, Sabtu (16/10/2021).

Ratih memaparkan, aksi OPG ini dilaksanakan dalam 13 aksi sekaligus dalam satu hari. Aksi terbanyak dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 6 aksi, disusul di Kota Banjarmasin sebanyak 4 aksi dan masing-masing 1 aksi di Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Banjar.

Selain bantuan berupa makanan siap santap, dalam aksi OPG ini juga dibagikan paket beras wakaf kepada penerima manfaat.

”Aksi ini merupakan wujud nyata dari ACT Cabang Kalsel maupun relawan-relawan yang di daerah dalam membantu masyarakat pra sejahtera yang membutuhkan. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan kehadiran aksi OPG ini,” harap Ratih.

Secara terpisah, Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menambahkan, peluncuran OPG dilaksanakan serentak di beberapa wilayah di Indonesia. Khusus di Pulau Kalimantan sendiri, OPG telah diluncurkan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Jumat (15/10/2021) sore.

Zainal juga mengajak masyarakat Kalsel untuk meramaikan kehadiran OPG ini. Terutama di momentum HPS ini, agar tak ada lagi masyarakat yang kekurangan pangan di rumahnya.

“Kami mengajak masyarakat Kalsel untuk bersama-sama memanfaatkan momentum kehadiran aksi OPG ini, agar tak ada lagi saudara kita yang mengalami kelaparan. Bantuan pangan bisa dikirimkan langsung ke Kantor ACT Cabang Kalsel maupun melalui rekening resmi Aksi Cepat Tanggap,” ajak Zainal. (opq/K-1).

Iklan
Iklan