Bangun Pasar Agribisnis Tabalong Merupakan Terobosan

Untuk itulah dilakukan revitalisasi pasar rakyat, mengingat Kabupaten Tabalong merupakan daerah yang sangat strategis yang mana nantinya menjadi daerah penyangga Ibukota Negara yang baru.

TANJUNG, KP – Kabupaten Tabalong membangun pasar agribisnis untuk mendukung pemasaran hasil pertanian kabupaten tersebut maupun daerah lainnya di Kalsel.

“Sebagai wilayah pertumbuhan ekonomi di utara Kalsel, Tabalong menyediakan sarana dan prasarana, termasuk infrastruktur untuk mendukung perdagangan dan perindustrian,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabalong, Husin Ansari.

Hal tersebut diungkapkannya saat menerima kunjungan Komisi II DPRD Kalsel dalam rangka sinkronisasi terkait program kegiatan bidang perdagangan, kemarin, di Tanjung.

Untuk itulah dilakukan revitalisasi pasar rakyat, mengingat Kabupaten Tabalong merupakan daerah yang sangat strategis yang mana nantinya menjadi daerah penyangga Ibukota Negara yang baru.

“Memang ada pasar-pasar yang dibangun namun belum optimal, sehingga diperlukan upaya dan terobosan baru agar jangan sampai pasar yang di bangun itu tidak termanfaatkan dengan baik,” jelas Husin.

Pimpinan rombongan Komisi II DPRD Kalsel, H Haryanto mengatakan, kunjungan ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabalong terkait dengan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat

Bahkan mengapresiasi pembangunan dan revitalisasi pasar yang dilakukan, terutama dalam optimalisasi pasar.

Berita Lainnya

Enam Pertashop Beroperasi di Tapin

1 dari 1.047

“Jangan sampai seperti di beberapa daerah pasar yang dibangun tapi tidak maksimal,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Haryanto menambahkan beberapa pasar yang di bangun dan di revitalisasi di Kabupaten Tabalong semuanya optimal termasuk yang terbaru adalah pasar agribisnis.

“Ini adalah sebuah terobosan yang patut kita apresiasi,” puji wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel I, yakni Kota Banjarmasin.

Seperti diketahui aktifitas jual beli mulai dibuka di Pasar Agribisnis Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya soft launching pada, Senin (15/11).

Untuk membangun pasar ini Pemerintah Kabupaten Tabalong mengalokasikan dana Rp5 miliar di Desa Kembang Kuning Kecamatan Haruai untuk mendukung pemasaran hasil pertanian di wilayah Utara.

Sementara peletakan batu pertama pasar ini dilakukan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani buan April lalu dan dapat diselesaikan bulan Nopember 2021, yang kemudian diikuti peletakan batu pertama juga dilakukan Dandim 1008/Tanjung Letkol Ras Lambang Yudha, Kajari Tabalong Syamsidar Monoarfa dan Ketua DPRD Mustafa disaksikan perwakilan PT Adaro Indonesia, anggota dewan dan kontraktor pelaksana.

“Pasar agribisnis di Desa Kembang Kuning ini bisa menjadi basis utama budidaya sayur dan tanaman hortikultura lainnya,” ungkap Anang ketika meresmikan pasar tersebut.

Kehadiran pasar agribisnis yang dibangun kontraktor pelaksana PT Artha Kalindo Segara ini tentunya bisa mempercepat pengembangan ekonomi khususnya di bidang pertanian, perindustrian dan pedagangan di ‘Bumi Saraba Kawa’ ini.(lyn/net/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya