Bupati Bangga Pemuda Pantai Cabe Sukses Ternak Kambing

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan merasa bangga yang dilakukan kaum millineal Desa Pantai Cabe, pasalnya pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Petani Muda Tapin Desa Pantai Cabe Kec Salam Babaris sukses dalam beternak kambing.

Hal itu setelah Bupati Tapin melakukan kunjungan kerja langsung ke peternakan kambing FKPM Desa Pantai Cabe, Kamis (25/11/2021) siang.

Dalam kunjungan itu pula Bupati Tapin mengukuhkan koordinator penyuluh swadaya perwakilan 12 Desa mewakili 12 Kecamatan se Kabupaten Tapin. Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin, Ketua KNPI Tapin H Dedy Arief Budiman dan Muspika Kecamatan Salam Babaris.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, bangga pada petani muda di Desa Pantai cabe yang telah sukses mengembangkan ternak Kambing, tentunya ini harus terus dikembangkan agar menjadi ternak kambing yang besar dan berkembang.

“Dengan harapan adanya ternak kambing ini dapat menyuplai kebutuhan daging kambing khususnya di Kabupaten Tapin, terlebih lagi kaluar daerah Tapin,“ ujar Bupati.

Menurut Bupati sektor peternakan merupakan sektor penting untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia, salah satunya yang kita kunjungi ini ternak kambing di Desa Pantai Cabe yang dikelola oleh para anak muda, artinya sekarang masih banyak pemuda yang mencintai untuk jadi petani dengan betrnak kambing.

Berita Lainnya
1 dari 312

Pemerintah daerah akan terus mendukung kegiatan anak muda di pertanian baik dengan memberi motivasi pelatihan maupun fasilitas yang bisa menambah tumbuh kembangnya petani muda di dunia pertanian.

Ditambahkan Bupati bahwa untuk pengembangan ternak kambing ini juga didukung oleh perusahaaan dari PT BMB dengan membantu lahan 2 hektar untuk peternakan kambing serta kambingnya sebanyak 25 ekor kambing dari Pemerintah Kab Tapin.

“Dengan adanya peternakan kabing ini tentunu kepada Dinas Pertanian Tapin agar bisa mengevaluasi setiap bantuan yang diberikan dan dibimbing, jangan sampai nantinya tidak jalan berhenti sampai diberikan bantuan, “harap Bupati.

Sementara Ketua Unit Usaha Peternakan Kambing Misran mengatakan, peternakan yang kami lakukan ini dilakukan oleh kaum millenela desa Pantai Cabe Kec Salam Babaris dengan cara-cara aman tidak dengan harus memberi maka rumput tetapi dengan pakan buatan hasil fermentasi buatan.

Awal beternak kambing ini dimulai dari kumpulan dari teman-teman pemuda peternak kambing kemudian menjadi banyak dan sudah memiliki 20 ekor kambing dan juga ada dibantu dari pemerintah daerah sebanyak 25 ekor.

Sampai saat ini terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan daging kambing khusunya di Kabupaten Tapin dan secara umum di Kalimantan Selatan. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya