Gubernur Dukung Interkoneksi PLN Wilayah Barat Kalimantan

Palangka Raya, KP – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyatakan siap mendukung serta bersinergi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara membangun interkoneksi jaringan liatrik ke wilayah barat Kalimantan.

Dukungan tersebut ia sampaikan saat menerima General Manajer (GM) PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP-KB) Didik Mardiyanto dan jajaranya, di Kantor Gubernur, Rabu (17/11). Gubernur mengakui PLN bagian tak terpisahkan dari pembangunan strategis nasional infrastruktur di Kalteng.

Pertemuan dan silaturahmi antara Pemprov Kalteng dan jajaran GM IUP-KB disebutkan upaya membangun sinergitas dan percepatan infrastruktur energi wilayah Kalimantan Tengah dan Barat, harus didukung semua pihak.

Karena itu Gubernur menyambut baik langkah yang diambil pihak PLN bagaimana percepatan pembangunan tower intekoneksi (sutet) tegangan tinggi segera terwujud dari Kalteng ke Kalbar.

Berita Lainnya

Nopember 2021, Kalteng Inflasi 0,28 Persen

Raperda APBD Kalteng 2022 Disetujui

1 dari 621

Pasalnya fokus pembangunan Kalteng di bidang pemulihan perekonomian seperti food / shrimp estate, pelabuhan maupun hilirisasi hasil sumber daya alam, dll, sangat membutuhkan energi listrik skala besar.

Terkait hal itu, pihak PLN menyatakan siap memberi dukungan berupa pembangunan jaringan interkoneksi ke daerah atau kawasan perdagangan dan industri di Kalteng. Tentunya sinergi terus di lakukan kedua pihak.

Sistem yang dibangun sisten Barito di Kalteng-Sel dengan sistem Katulistiwa di Kalimantan Barat merupakan sistem kelistrikan di Kalbar, menjadi interkoneksi satu sistem Kalimantan.

Didik menjelaskan sutet yang tengah dan akan digarap 150 kv (kilo volt) jalur Kebdawangan-Sukamara, Pangkalan Bun- Sukamara, Nangabulik-Incomer. Termasuk membangun dua unit gardu induk (GI) 150 KV di Nangabulik dan Sukamara.

Tak hanya itu interkoneksi SUTT 150 KV juga di rencana kan ke arah Sampit – Kuala Pembuang, PLTU Kuala Kurun-PLN Kalselteng, dari Kuala Kurun ke arah Puruk Cahu, dan jaringan terkait lainnya. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya