Lantik Sekda Baru Asal Tanbu di Awal Desember

Banjarmasin, KP – Nama pejabat definitif yang bakal menduduki kursi Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintahan Kota Banjarmasin akhirnya terungkap.

Pasalnya, rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pejabat yang disetujui untuk mengemban tugas sebagai panglima para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin sudah didapatkan.

Tidak hanya itu, saat ditemui awak media di lobi Balai Kota, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku juga telah memegang soft copy penetapan pejabat Sekda dari Gubernur Kalsel.

“Secara fisik surat penetapannya belum kita terima. Tapi soft copynya sudah,” ucapnya di lobi Balai Kota, Senin (22/11) siang.

Lantas, siapakah nama ASN yang ditunjuk sebagai Sekda Kota Banjarmasin tersebut?

Saat ditanya hal itu, Ibnu terlihat masih enggan membeberkan nama pejabat yang memenangi lelang jabatan tinggi pratama di Pemerintahan Kota Banjarmasin itu.

Diketahui sebelumnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, rekomendasi yang dikeluarkan Mendagri itu tertulis nama Ikhsan Budiman yang saat ini masih menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu.

Namun sayangnya, saat awak media mencoba mengkonfirmasi hal tersebut, Ibnu Sina hanya menanggapinya dengan senyum.

“Kalian sudah tau siapa,” ujar orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai itu sambil tersenyum.

Diketahui sebelumnya, Ikhsan Budiman merupakan salah satu dari tiga peserta lelang Jabatan Sekda Banjarmasin pilihan Panitia Seleksi (Pansel). Dua peserta lainnya adalah Iwan Fitriyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Taufik Rivani, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

Lalu kapan Ikhsan Budiman bakal dilantik sebagai pejabat sekda definitif?

Berita Lainnya
1 dari 3.937

Terkait hal itu, Ibnu membeberkan bahwa Ihsan Budiman rencananya akan dilantik sebagai Sekda definitif di akhir November atau awal Desember 2021 nanti.

“Yang me-SK kan Wali Kota dan yang melantik juga Wali Kota,” imbuhnya.

Ibnu mengaku sudah memanggil Ikhsan Budiman untuk menghadap dirinya sebelum dilantik sebagai Sekda Kota Banjarmasin nanti.

“Pada saat menghadap kemarin, yang bersangkutan mengaku sudah siap bekerjasama serta mengikuti arahan Wali Kota untuk mensukseskan visi-misi Banjarmasin Baiman dan Bermartabat,” pungkasnya.

Karena itu, Ibnu pun berpesan kepada yang bersangkutan agar bisa menyelesaikan permasalahan internal yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Yang terpenting Sekda tidak usah berpolitik. Istri yang bersangkutan juga siap pindah ke Banjarmasin. Karena bakal memimpin persatuan Dharma Wanita,” tuntasnya.

Sementara itu, saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Ikhsan Budiman mengaku bahwa ia memang mendapat informasi bahwa dirinyalah yang terpilih sebagai Sekda Kota Banjarmasin.

“Saya sendiri tidak mau terlalu over thinking atau percaya diri menanggapi kabar tersebut. Karena menurut saya masih terlalu dini untuk senang karena terpilih sebagai pejabat sekda definitif,” ujarnya.

Kemudian, ia juga membenarkan bahwa belum lama tadi dirinya sudah menghadap ke Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

“Dalam pertemuan itu kita membicarakan bagaimana langkah yang harus diambil ketika sudah dilantik sebagai Sekda,” tukasnya.

Ikhsan menekankan bahwa ketika sudah dilantik, dirinya akan fokus untuk membantu menjalankan semua visi-misi Banjarmasin Baiman dan Bermartabat yang jadi tujuan utama dalam pembangunan Kota Banjarmasin

“Baik dari sisi menyiapkan kebijakan-kebijakan teknis serta perangkat daerah guna mendukung penyelesaian visi-misi beliau (Ibnu Sina – Arifin Noor),” tutupnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya