Tala Jadi Kabupaten Tercepat Selesaikan Program Redistribusi

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta mengapresiasi kerja Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tala, yang berhasil menyelesaikan program redistribusi tanah tercepat di Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 300 bidang. Hal tersebut disampaikan pada acara Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Handil Birayang Bawah Kecamatan Bumi Makmur, Jumat (26/11/2021).

“Tentunya saya sangat bangga karena Tala dapat menyelesaikan program redistribusi ini sangat cepat, ini kerja keras kita semua untuk masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Sukamta mengatakan program redistribusi merupakan program yang dimiliki oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bertani. Ia menjelaskan bahwa tanah yang dimiliki negara tersebut akan diserahkan kepada masyarakat yang telah diseleksi untuk dikelola.

“Ketika ada tanah yang telantar, akan segera kami ambil dan diserahkan kepada masyarakat. Contohnya saja masyarakat Handil Birayang Bawah yang mayoritasnya petani,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 584

Ia berharap tanah tersebut dapat dimanfaatkan dan diberdayakan semaksimal mungkin, sehingga kesejahteraan masyarakat cepat meningkat.

Selain itu, bupati juga meminta masyarakat untuk segara memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Menurutnya, hal ini merupakan langkah awal dalam menyelesaikan sengketa pertanahan di Indonesia.

Orang nomor satu di Tala itu juga meyakini, jika semua tanah terdata dengan baik, sengketa tanah dapat diminimalisir.

“Ayo segera daftarkan tanah buhan pian diprogram PTSL. Karena ditahun 2022, sebanyak 10.000 bidang tanah dalam program PTSL akan dibiayai oleh pemerintah,” ajaknya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya