Bupati : Sinergisitas Modal Utama Pengelolaan Desa

Marabahan, KP – Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Pelatihan Kewenangan Desa, di Nasa Hotel Banjarmasin, Jumat (26/11/2021).

Acara dibuka Bupati Batola Hj Noormiliyani AS tersebut dihadiri Kadis PMD Batola Moch Aziz diikuti para kades, BPD dan perangkat desa se-Kecamatan Anjir Pasar.

“Saya mengapresiasi adanya pelatihan ini, mengingat ini akan menjadi modal penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kinerja aparatur desa,” ucapnya.

Dikatakan Noormiliyani, kewenangan desa merupakan ruh utama undang-undang desa untuk mencapai desa yang mandiri. Jika kewenangan tidak jelas dan tegas maka arah kebijakan, program, dan kegiatan pelayanan tidak akan berjalan efektif.

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini juga mengharapkan, pelatihan yang dilaksanakan semakin meningkatkan sinergitas kebersamaan dalam meningkatkan tata kelola pemerinthan dan pembangunan desa.

Berita Lainnya

Bedah Rumah Ala PKK 2021 Diresmikan

Batola Segera Revitalisasi Mal Pelayanan Publik

1 dari 343

Terlebih dalam kondisi sekarang, sebut dia, pemerintah telah memberikan kewenangan desa untuk berhak mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat desa sendiri.

Dia menyebutkan, keleluasaan yang dijalankan oleh desa ini muncul karena perkembangan desa dan prakarsa masyarakat desa dengan didasari prinsip desentralisasi, delegasi, dan dekonsentrasi.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengharapkan, kesempatan yang diberikan hendaknya benar-benar dimanfaatkan maksimal dalam upaya melakukan perbaikan dan pembenahan menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Untuk itu, dia berharap, kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan pelatihan secara sungguh-sungguh.

Agar pengetahuan yang didapatkan, jelas dia, menjadi bekal dalam mengelola dan melaksanakan pembangunan desa.

Sehingga dengan anggaran yang cukup besar, terang bupati, bisa dipergunakan secara efektif dan tidak menyalahi regulasi yang ditentukan. (ant/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya