Banjarmasin Dipastikan Bakal Geser Libur Sekolah

Libur akhir semester akan dijalani peserta didik sekitar tanggal 20 Desember nanti selama kurang lebih 10 hari sampai dua pekan

BANJARMASIN, KP – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, berencana bakal menggeser libur sekolah saat semester ganjil.

Hal tersebut dikarenakan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto pun lantas berencana menggeser libur akhir semester peserta didik di bawah naungannya untuk mendukung kebijakan tersebut.

“Ini baru rencana. Nanti kepastiannya kita akan rapat lagi dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) pada senin (6/12) nanti,” ucapnya saat dihubungi awak media, Jumat (3/12) siang.

Totok menyebut, libur akhir semester akan dijalani peserta didik sekitar tanggal 20 Desember nanti selama kurang lebih 10 hari sampai dua pekan.

Namun karena adanya kebijakan Pemerintah yang menerapkan PPKM Level III mulai tanggal 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022, maka kemungkinan besar jadwal libur akhir semester akan digeser ke Januari mendatang.

Berita Lainnya

Ibnu Sina Hadir di Apeksi Nasional

PKK Laksanakan Rapat Rutin

1 dari 4.236

“Kami belum bisa menentukan libur akhir semesternya digeser ke tanggal berapa. Karena yang tahu jadwalnya Kepala Sekolah. Jadi kita tunggu keputusan rapat nanti,” ungkapnya.

Ia menceritakan, setelah terima surat kebijakan itu diterima, pihaknya baru membicarakan hal tersebut melalui whatsapp group.

“Nanti senin (06/12) baru kita analisa lagi beserta K3S. Yang jelas kita akan menindaklanjuti pergeseran libur sekolah,” tambahnya.

Menurut Totok, tujuan dari menggeser libur akhir semester siswa tersebut tujuannya tidak lain adalah untuk membantu mengurangi mobilitas masyarakat pada saat libur Nataru.”Sesuai arahan di surat itu, siswa tidak ada libur pada saat Nataru,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, penerapan PPKM level III pada momen Nataru, diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021.

Meski pergeseran libur sekolah akhir semester tidak diatur secara tertulis dalam Inmendagri itu, namun Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 29 Tahun 2021.

Yakni berisi tentang penyelenggaraan pembelajaran menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya