Satpolairud Polresta Banjarmasin Memperketat Pengawasan Pesisir

Banjarmasin, KP – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polresta Banjarmasin, sudah mulai memperketat patroli serta pengawasan yang dipusatkan di kawasan perairan hukumnya, Kamis (2/11).

Dijelaskan Kasat Polair Polresta Banjarmasin, AKP Christugus Lirens, bahwa pihaknya aktif mengadakan patroli baik pagi, siang maupun malam di perairan kawasan hukum Polresta Banjarmasin, menginstruksikan kepada anggota menjelang Nataru lebih diperketat lagi.

Karena, kata dia, pada momen ini sering terjadi peningkatan-peningkatan aktivitas dari masyarakat akan lebih tinggi dari biasanya. Salah satunya penyelundupan narkoba, oleh sebab itulah untuk menghindari hal-hal yang melanggar atau mengganggu kenyamanan masyarakat harus juga ditingkatkan, khususnya pelanggaran yang menyangkut ke Pidana.

“Saya sampaikan kepada anggota kalau memang ada sarana apung dari luar atau kapal mencurigakan dipersilahkan untuk memeriksanya, dalam hal penggeledahan, pihaknya akan melihatnya terlebih dahulu apakah sarana apung atau kapal tersebut benar benar mencurigakan,” ujarnya.

Selanjutnya kalau memang mencurigakan pasti akan diberikan tindakan oleh anggota yang tentunya sudah profesional dengan mengutamakan sopan santun.

Dalam pengawasan tersebut Polairud Polresta Banjarmasin, akan dibantu dengan dua pos jaga satu terletak di Sungai Barito dekat Gunung Meranti Kelurahan Mantuil, dan satunya Pos multifungsi yang bisa dibawa dan bergerak ke hulu dan hilir sesuai kondisi yang diperlukan.

Berita Lainnya

Hariyanto Menyesal Menyakiti Istrinya

Cemburu dengan Istri, Suami Coba Bunuh Diri

1 dari 1.708

Sementara itu semenjak intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir. Polair Polresta Banjarmasin juga menyiagakan pengawasan banjir yang bisa saja terjadi di pesisir Sungai Barito dan Martapura.

“Jadi juga dilakukan pengawasan-pengawasan lain, seperti Banjir yang didasari debit air sungai seringkali meningkat,” ucapnya.

Oleh karenanya koordinasi anggota dengan instansi terkait menjadi hal yang diutamakan dalam pengawasan tersebut. “Ada dua sarana apung (perahu karet) yang kita stanbykan untuk pengawasan dan penanganan banjir,” imbuhnya.

AKP Christugus Lirens mengimbau kepada masyarakat khususnya di pesisir kawasan wilayah hukum Satpolairud Polresta Banjarmasin, jika ada memerlukan bantuan bisa langsung menghubungi dan melapor. “Pasti langsung di respon, kita akan respon cepat laporan itu serta langsung meluncur,” ucapnya.

Sebelumnya, masih dalam rangka Hut Polairud Polri ke 71, Satpolair Polresta Banjarmasin menggelar syukuran bersama satuan di Mako Polair Polresta Banjarmasin guna membagkitkan semangat para anggota menjaga kekompakan dengan atribut baru sekaligus doa bersama untuk masyarakat.

“Istilahnya agar masyarakat, anggota tetap terjaga kesehatanya, saya juga berharap, pada Hut ke 71 kali ini kepada anggota kedepannya pelayanan bisa semakin meningkat, bagus menjadi lebih bagus lagi,” pungkasnya. (fik)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya