Sukses Kelola Jagung Hibrida Pemkab Tala Dikunjungi Pemkab Gunung Mas

Pelaihari, KP – Penggunaan alat dan teknologi pada usaha pertanian dapat mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan petani sehingga membuat keuntungan menjadi lebih besar. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta saat menerima kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas di Gedung Sarantang Saruntung pada Selasa (30/11/2021).

“Kita terus mengupayakan peningkatan pendapatan petani, apabila kita bisa menaikkan harga, kita naikkan harga. Apabila tidak bisa, kita tekan biaya produksi nya jadi rentang keuntungan tetap lebih besar. Diantara cara mengurangi biaya produksi, kita gunakan alat-alat mesin pertanian, baik dalam pengolahan tanah, penanaman, pemupukan dan penanganan pasca panen,” kata Sukamta.

Bupati Tala H. M. Sukamta mengatakan bahwa saat ini Tala memiliki jagung hibrida varietas lokal JH-37 dengan nama Katuju (Bahasa Indonesia : Senang). Penamaan ini diharapkan agar petani di Tala senang menanam jagung varietas lokal ini. Tidak ketinggalan, orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang menyampaikan bahwa benih jagung Katuju adalah hasil kerjasama dan bimbingan dari Balai Penelitian Tanaman Serealia Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan.

“Varietas JH-37 Katuju ini diakui beberapa petani lebih adaptif, pada kondisi cuaca hujan seperti ini lebih tahan terhadap serangan bulai dan penanamannya tidak harus olah tanam, jadi ini mengurangi biaya yang dikeluarkan petani,” kata Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 584

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P. Umbing menyebutkan bahwa kedatangan ia dan rombongan ke Kabupaten Tala yaitu untuk belajar cara pengembangan jagung hibrida. Ia juga menyampaikan potensi pertanian di wilayahnya masih cukup besar sehingga bisa dimaksimalkan untuk menanam jagung.

“Kami tertarik dan ingin belajar kiat-kiat pengembangan Tanaman Jagung Hibrida yang ada di Tanah Laut. Selain itu juga bagaimana cara mengedukasi masyarakat agar mau menanam jagung,” kata Efrensia

Sebelumya Wakil Bupati Gunung Mas dan rombongan sudah berkunjung ke PT. Japfa Comfeed Indonesia Cabang Banjarmasin yang terletak di Desa Nusa Indah Kecamatan Bati-Bati dan melihat langsung perkebunan jagung petani di Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar.

Pada penyambutan Pemkab Gunung Mas dan rombongan, Bupati Tala H. M. Sukamta didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Tala, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Tala, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala, Plt. Kepala Dinas Peternakan Tala, Camat Batu Ampar, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Bappeda Tala, dan Kepala Bagian Ekonomi Setda Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya