Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Utara

Kondisi Plavon Pasar Induk Amuntai Memprihatinkan

×

Kondisi Plavon Pasar Induk Amuntai Memprihatinkan

Sebarkan artikel ini

Amuntai, KP – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR) setempat melakukan perbaikan saluran pembuangan air pada Pasar Induk Amuntai yang mengalami kebocoran.

Perbaikan tersebut sebagaimana keluhan pedagang dan pengunjung terhadap kondis pasar yang berusia sudah hamper 30 tahun tersebut yang mengalmi kebocoran apabila terjadi hujan.

Android

Sejumlah pedagang terpaksa dengan inisiatif sendiri secara seadanya melapisi atap yangbocor agar tidak membasahi barang dagangan mereka.

Namun pada tahun 2022 ini Dinas PUPR HSU akan menganggarkan kurang lebih 3 Milyar melalui Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk melakukan perbaikan.

Dinas PUPR bersama dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi UMKM HSU belum lama tadi telah melakukan peninjauan sebelum melakukan perbaikan. Peninjauan pasar tersebut guna melihat langsung kondisi kebocoran yang segera akan dilakukan perbaikan untuk kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR, Abraham Radi mengatakan setelah melihat langsung kondisi pasar saat ini ada beberapa yang akan harus dilakukan perbaikan yaitu pada dainase air, atap bangunan serta plavon.

“Ada tiga poin yang perlu dilakukan perbaikan yaitu drainase, perbaikan atap serta plavon,” ungkap Radi.

Radi menjelaskan perbaikan akan dilaksanakan pada tahun ini dan telah dianggarkan sekitar kurang lebih Rp 3 Milyar agar tidak ada lagi kebocoran untuk kenyaman pedagang.

Sementara itu, Plt Dinas Perindakop dan UMKM HSU, Muhammad Yani, mengatakan sebagaimana merespon keluhan para pedagang bahwa selama ini mereka sangat kesulitan saat melakukan kegiatan dikarenakan air hujan masuk ke toko.

Kondisi kebocoran ini berada di lantai dua. Akibat bocor tersebut kondisi plavon bangunan juga sebagain mengalami kerusakan. (nov/K-6)

Iklan
Iklan