Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Lomba Ketapel FORDA Kalsel di Kiram Park

×

Lomba Ketapel FORDA Kalsel di Kiram Park

Sebarkan artikel ini
Tim ketapel Kota Banjarmasin. (Kp/ist)

Banjar, KP – Bakatikan atau Ketapel dulu identik dengan permainan anak laki laki. Namun kini perempuan dan orang dewasa pun mulai berminat ikut memainkan.

Apalagi dalam waktu dekat lomba Bakatikan atau Ketapel akan digelar

Pengurus olahraga tradisional ketapel Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan Kormi Kalsel.

Bertajuk Inorga Ketapel Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) Kormi Kalsel lomba akan di gelar di Kiran Park Kabupaten Banjar Jumat-Minggu (26-28/3/2022).

Diajang Forda Inorga Kalsel ini tidak hanya Ketapel tapi 40 lebih cabang olahraga tradisional juga akan diperlombakan.

Ketua Ketapel Provinsi Kalimantan Selatan, H. Gt. Abdurrachman, SE mengatakan ajang ini bertujuan sebagai ajang seleksi untuk menuju Fornas VI 2021 Sumatera Selatan 2022.

“Lainnya tentunya adalah silaturahmi para pehobi olahraga ketapel. Sekaligus untuk membangkitkan olahraga tradisional ketapel di Banua,” kata pria yang juga disapa Antung Aman ini.

Untuk meningkatkan prestasi atlet-atlet dalam menghadapi Fornas 2022,maka perlu menyaring atlet-atlet berprestasi dari berbagai daerah.

Sementara untuk ketentuan lomba 1 Kota/Kabupaten mengirimkan maksimal 2 (dua) tim. Tim peserta Perlombaan Ketapel FORDA Ketapel didaftarkan terdiri dari 2 (Dua) orang putra dan 1 (Satu) orang putri, 3.

Pelaksanaan pertandingan perlombaan Ketapel, FORDA Ketapel Kalimantan Selatan 2022 dilaksanakan pada 26 Maret 2022 sampai dengan 27 Maret 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Sedang Technical Meeting pada tanggal 25 Maret 2022.

Perlengkapan yang digunakan adalah Ketapel jenis OVER THE TOP (OTT).

Mempunyai tinggi minimal 10 centimeter dan maksimal 13 cm lebar ketapel 6 centimeter sampat dengan 10 cm dengan panjang dan ketebalan karet far band atau tube disesuaikan dengan kenyamanan pemain.

Peluru atau amunisi yang digunakan adalah gotri (bola baja/steelball) dengan ukuran 8 milimeter,

Baca Juga:  Hadapi Persela dan Persema MalangKacong Slamet siap bermain sapu bersih

Target yang digunakan adalah Mukti Target yang terdiri dari 5 buah target dengan masing-masing ukuran 8 an, 7 cm, 6 cm, 5S cm dan 4 cm dengan jarak target 1 dengan yang lain adalah 15 cm dan ketinggian target adalah 140 cm dari tanah dan jarak dari penembak ke target adalah 10 meter.

Sistem perlombaan menggunakan sistem Ranking dengan akumulasi nilai tertinggi.

Sebelum perlombaan dimulai, semua peserta melakukan daftar ulang pada panitia,

Tim peserta memasuki arena perlombaan sesuai dengan panggilan dari panitia pelaksana dan masing-masing anggota tim menempati lintasan yang sudah ditentukan oleh panitia,

Penjelasan kepada peserta tentang aturan perlombaan, Masing-masing anggota regu diberi peluru/amunisi sebanyak 5 butir untuk ditembakkan ke target yang ditentukan,

Sebelum mulai menembak target semua peserta tim sudah berada pada garis batas menembak yang ditentukan oleh panitia,

Dimulai dari peserta pertama, wasit memberi aba-aba Bersedia, Siap dan kemudian membunyikan peluit Ketika peluit dibunyikan oleh wasit, peserta melakukan tembakan kepada target dengan jumlah peluru 5 dan dalam waktu 2 menit,

Dilanjutkan ke peserta ke 2 mulai dari point f, kemudian peserta ke 3,

Setelah semua tim selesai bertanding, semua hasil penilaian akan diserahkan kepada panitia untuk dihitung dan ditentukan pemenangnya. (nets/nfr/k-9)

Iklan
Iklan