Strategi Promosi Wisata Wonderful Indonesia melalui Event MotoGP Mandalika 2022

Oleh : Muhammad Faqih
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga mancanegara, dengan keindahan alam yang tersaji di bumi Indonesia, tidak heran selalu menjadi incaran para turis lokal maupun mancanegara, hal tersebut juga tidak lepas dari upaya promosi Indonesia khususnya di bidang pariwisata yang dimana melalui program Wonderful Indonesia, keindahan alam Indonesia mampu sampai kepada dunia internasional.

Wonderful Indonesia sendiri adalah sebuah program sekaligus produk branding yang berasal dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia sekaligus bertujuan untuk mendukung kebangkitan ekonomi Indonesia.

Pada Oktober 2019 pemerintah berupaya menambah potensi besar dari sektor pariwisata yang akhirnya melalui keputusan bersama maka dirancanglah proyek besar berupa pembangunan Sirkuit Mandalika untuk menjadi sebuah destinasi wisata baru bagi Lombok.

Melalui penandatanganan kerjasama ITDC Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan Dorna Sport, organisasi penyelenggara balapan Grand Prix (GP) pada akhir Januari 2019 di Madrid, Spanyol, maka dimulailah pembangunan Sirkuit Mandalika pada Oktober 2019 dan ditargetkan rampung pada tahun 2020, hal ini berbarengan dengan dirilisnya pernyataan dari Dorna Sport bahwa Indonesia dengan Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu tuan rumah bagi event terbesar balap motor dunia.

Proyek besar ini akhirnya rampung di tahun 2021 ditambah dengan penyiapan fasilitas tambahan untuk keperluan event MotoGP 2022. Keberhasilan event besar ini tidak lepas dari gencarnya pemerintah melalui program Wonderful Indonesia dalam menyajikan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, tentang event besar yang diminati oleh sejuta pasang mata dunia.

Wonderful Indonesia melalui event MotoGP Mandalika 2022, berusaha menampilkan atau memberikan branding bagi wisata-wisata yang ada di Lombok, sehingga wisatawan asing tidak hanya datang untuk menonton MotoGP tetapi sekaligus para wisatawan bisa menikmati wisata alam yang melimpah yan tersaji di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Strategi Indonesia melalui Wonderful Indonesia untuk mempromosikan event besar ini sekaligus untuk membangkitkan sektor penting pariwisata yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19 terbilang sukses, melalui kolaborasi bersama antara event MotoGP dengan Wonderful Indonesia mampu memberikan dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berita Lainnya
1 dari 543
loading...

Event MotoGP Mandalika 2022 mampu menarik turis dari lokal hingga mancanegara untuk menonton event akbar ini, terlebih lagi Wonderful Indonesia pun jeli melihat peluang ini dimana hal tersebut direspon dengan gerakan promosi wisata Wonderful Indonesia terhadap destinasi wisata yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai dari gencarnya mempromosikan destinasi wisata keindahan alamnya yang berupa pantai-pantai indah di Lombok, terlebih lagi Wonderful Indonesia berhasil menonjolkan pesona indah pantai Kuta Mandalika, Pantai Serenting yang menawarkan ketenangan bagi setiap pengunjung nya , Pantai Tanjung Aan yang menawarkan pesona matahari terbenamnya, serta beberapa pantai yang pas untuk berselancar seperti Pantai Mawi, Pantai Ubrug, dan Pantai Seger, ditambah adanya destinasi lain berupa Gunung Rinjani, Bukit Merese, Tetebatu, Air Terjun Sendang Gile, Desa Bilok Petung, Hutan Monyet Pusuk, dan masih banyak yang tersaji didalamnya.

Fakta menarik yang tidak kalah penting adalah para rider MotoGP sangat menikmati keindahan alam yang tersaji disana, selagi menunggu jelang dimulainya perlombaan, para rider bisa santai menikmati pemandangan alam yang indah disertai suara ombak yang menghanyutkan suasana, dua hal yang bisa didapatkan yakni perlombaan yang sengit sekaligus liburan yang berkesan.

Wonderful Indonesia berhasil memanfaatkan momen besar MotoGP Mandalika 2022 ini sebagai alat yang mampu mempromosikan destinasi wisata yang ada di Lombok dan sekaligus memberikan dampak yang besar bagi pembangunan perekonomian masyarakat yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19.

Hal menarik lainnya adalah Wonderful Indonesia juga berkolaborasi dalam mempromosikan jati dirinya dalam ajang MotoGP ini, hal tersebut ditandai dengan terpampang nya logo Wonderful Indonesia dalam tayangan sesi FP1 MotoGP Mandalika 2022 yang ditonton oleh sejuta pasang mata dunia, selain hadirnya logo Wonderful Indonesia dalam tayang internasional MotoGP Mandalika 2022, semua orang juga bisa melihat hadirnya logo ini pada salah satu tim balap MotoGP yakni Gresini Racing Logo tersebut terpampang jelas pada bagian sayap depan dari motor milik Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio.

Strategi ini terbilang jitu karena akan berdampak pada meningkatnya performa pariwisata Indonesia di kancah dunia internasional sekaligus sebagai jalan untuk kedepannya memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia untuk bersaing di luar sana. 

Strategi Wonderful Indonesia dalam promosi wisata Lombok melalui event MotoGP Mandalika 2022 cukup efektif, hal ini memberikan dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat yang sempat terhenti dan masih tertatih untuk bangkit lagi, tanpa kita sadari event besar ini mampu memberikan efek yang cukup besar bagi negara khususnya citra Indonesia di mata dunia.

Wonderful Indonesia bekerja dengan baik dan terukur, branding yang diberikan sangat baik dalam promosi destinasi wisata alam yang melimpah di Indonesia, kekayaan alam yang melimpah mampu di promosikan dengan baik, ditambah mampu melihat peluang besar di dalamnya melalui sebuah event akbar tahunan yang diselenggarakan oleh Dorna Sport yakni MotoGP.

Wonderful Indonesia berhasil menerapkan strateginya melalui promosi yang gencar ditambah kolaborasi yang apik dengan pihak-pihak yang terkait dengan event MotoGP 2022 dan branding tersebut berhasil yang disertai dengan mendapat keuntungan yang besar bagi negara Indonesia, sekaligus berhasil memberikan harapan besar bagi kebangkitan ekonomi Indonesia di sektor pariwisata di masa mendatang.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya