Tapin Kirim 52 Orang Dilatih Sebagai Komponen Cadangan Matra Darat

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan melepas secara resmi 52 orang masuk sebagai Kontengan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat untuk di didik militer oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Jumat (14/5/2022) bertempat Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin.

Pelepasan dilaksanakan apel dengan insfektur upacara Bupati Tapin HM Arifin Arpan dengan peserta komcad seragam pakaian kemeja putih dan celana hitam di pimpin Anggota TNI Kodim 1010 Tapin.

Turut hadir dalam pelepasan Sekretaris Daerah Tapin H Masyraniansyah, Dandim 1010 Tapin Letkol Andi Sinrang.

Bupati Tapin dalam amanatnya menyampaiikan, pagi ini pemerintah Kabupaten Tapin melepas kontengan Komponen Cadangan (komcad) beranggotakan semua elemen masyarakat termasuk Pemerintah Kabupaten Tapin untuk diikutsertakan dalam pelatihan militer.

“Mudahan yang pertama ini didik pendidikan meliter dapat dijadilkan sebagai tanggung jawab kepada negara. Artinya orang orang masih muda wajib didik militer untuk kesiapan berjaga negara kita aman dan damai,” ucap Bupati dalam amanatnya.

Lanjut Bupati saya berpesan, bahwa pendidikan militer tidak mudah untuk dikuti, tentunya kepada kontengan komcat Kab Tapin untuk bisa menjaga kesehatan dan kekompakan.

Berita Lainnya
1 dari 382
loading...

“Kalau 52 orang ini kompak dan saling bekerjasama dan bergotong royong saya yakin semua akan sehat walafiat dalam mengikuti latihan militer,” katanya.

Berharap, karena ini yang pertama, untuk selanjutnya mari kita sama sama mendata untuk di kirim sebagai komponen cadangan agar lebih baik dan terencana.

Sementara Dandim 1010 Tapin Letkol Inf Andi Sinrang mengatakan, komponen cadangan matra darat yang di rekrut Kodim 1010 Tapin dimaksudkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan kompunen utama dalam menghadapi ancaman militer.

“Untuk menjadi anggota komcad ini bersifat sukarela, bisa sebagai warga negara biasa, ASN, mahasiswa atau profesi lainnya dengan memenuhi persyaratan yang berlaku yakni berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani rohani dan tidak memiliki catatan kriminal,” ujarnya.

Kontengan komponen cadangan yang sudah lulus seleksi administrasi dan kompetensi, selanjutnya akan mengikuti pelatihan dasar militer selama 3 bulan.

Berharap mudah-mudahan kontengan komponen cadangan (Komcad) Kabupaten Tapin dapat mengikuti pelatihan militer sehingga dapat dijadikan komponen cadangan dalam bela negara di NKRI. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya