Iklan
Iklan
Iklan
PEMKAB TabalongTabalong

Peringkat 10 Besar
Bupati Tertantang Kembangkan Desa Wisata Taman Menanti Laburan

×

Peringkat 10 Besar<br>Bupati Tertantang Kembangkan Desa Wisata Taman Menanti Laburan

Sebarkan artikel ini
BUPATI TABALONG - DR Drs H Anang Syakhfiani M.Si, menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia. (KP/Ist)

Tanjung, KP – Berada di peringkat 10 besar, untuk Wisata Taman Menanti Laburan Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, Bupati Tabalong DR Drs H Anang Syakhfiani M.Si, merasa tertantang untuk mengembangkan desa wisata di wilayahnya.

Komitmen serta konsistensi Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani untuk mewujudkan desa wisata ini, termuat di dalam program desa mandiri dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari Peningkatan Alokasi Dana Desa, Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Penerapan Desa Digital, hingga Pengembangan Desa Wisata.

Android

Dalam hal pengembangan Desa Wisata, Komitmen dan konsistensi Bupati Tabalong mendapat penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia pada hari Kamis (23/6) di Luwasana Hotel dan Convention Center Jakarta.

Penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin tersebut diberikan kepada 6 Kepala Daerah Se Indonesia dalam upaya Pengembangan Desa Wisata di daerahnya masing – masing.

Dalam sambutannya, Menteri Desa PDTT Republik Indonesia, A. Halim Iskandar mengatakan bahwa kemandirian desa di Indonesia merupakan bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) sehingga dibutuhkan optimalisasi potensi Desa seperti Bumdes, Bumdes Bersama dan Desa Wisata.

Sementara itu, Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin juga menekankan mengenai keberadaan Desa Wisata sebagai perwujudan dari Community Base Tourism yang inklusif karena dapat memberi dampak pada pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal.

“Sehingga pada tahun 2024 mendatang tidak ada lagi yang namanya desa tertinggal dan sangat tertinggal,” ucap Wapres RI.

Dalam acara itu juga, Taman Menanti Laburan yang merupakan objek wisata Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong meraih peringkat 6 dari ribuan Desa Wisata se Indonesia dalam Lomba Promosi Desa Wisata Tahun 2022.

Sebagai satu-satunya Desa Wisata di Kalsel yang masuk dalam 10 besar di Lomba Promosi Desa Wisata, Bupati merasa tertantang untuk mengikutsertakan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Tahun depan kita akan lebih banyak mengikutsertakan lebih banyak desa wisata di Tabalong,” Ucap Bupati.

Bukan tanpa alasan, ajang lomba ini merupakan sebuah ajang promosi yang semakin mempopulerkan objek wisata maupun Desa Wisata Tabalong di pasar yang lebih luas lagi, terlebih keberadaan Ibu Kota Nusantara nantinya yang jaraknya tidak jauh dari Tabalong.

Taman Menanti Laburan sendiri merupakan kawasan dengan berbagai wahana permainan yang terletak di Desa Padang Panjang yang dibangun sejak tahun 2019 yang operasionalnya melibatkan Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang.

Kurang lebih beroperasi baru 2 tahun, Taman Menanti Laburan telah terpilih menjadi salah satu Desa Wisata Unggulan di Indonesia, oleh sebab itulah Bupati Tabalong sangat mengapresiasi kerja keras Kepala Desa beserta jajaran dan masyarakat Desa Padang Panjang serta semua stakeholder terkait.

Namun, H Anang juga menambahkan bahwa ada beberapa kekurangan yang harus terus disempurnakan dalam mengembangkan desa wisata baik melalui Dana Desa maupun APBD Kabupaten.

“Saya juga mengajak dunia usaha atau swasta untuk berpartisipasi, agar upaya ini dapat terlaksana,” tambah Bupati Tabalong. (ros/K-6)

Iklan
Iklan